Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » WABUP PALAS: ADA 10 TITIK PERTAMBANGAN DAN PANAS BUMI DI PALAS

WABUP PALAS: ADA 10 TITIK PERTAMBANGAN DAN PANAS BUMI DI PALAS

(315 Views) Januari 29, 2017 7:10 pm | Published by | No comment

wabu
PALAS-Setidaknya, terdapat 10 titik lokasi pertambangan biji bumi, seperti emas, nikel dan sebagainya, juga titik panas bumi yang tersebar di 10 titik daerah di Kabupaten Padang Lawas (Palas). Terakhir ditemukan sumur gas bumi oleh warga masyarakat di Desa Simangambat Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi).
“Di daerah Palas ini, setidaknya ada 10 titik lokasi panas bumi dan pertambangan biji besi. Seperti di daerah Kecamatan Huristak dan yang baru, sumur gas di Kecamatan Huragi,” sebut Wakil Bupati (Wabup) Palas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, didampingi Plt. Kaban Pendapatan Palas, Harjusli Fahri Siregar dan Anggota DPRD Palas, Muhammad Hamidi Pasaribu, saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (28/1).
“Kesepuluh titik panas bumi dan pertambangan itu, dominan tersebar di daerah deretan atau lereng perbukitan bukit barisan. Beberapa titik sudah dilakukan penelitian oleh perusahaan pertambangan dan masih banyak yang belum dilakukan penelitiannya,” ungkap Zarnawi.
Seperti titik panas bumi sumber minyak di Kecamatan Huristak, lanjutnya, lokasi tersebut pernah dilakukan penelitiannya oleh perusahaan pertambangan dari luar negeri. “Tapi, hasil penelitiannya disebutkan, sumber pertambangan minyak di situ, istilahnya dikatakan masih muda, belum cukup tua untuk dilakukan pertambangan minyak,” terangnya.
Sama halnya dengan kehadiran PT. Conoco Philip di daerah Kecamatan Sosa, jelasnya, yang mencoba melakukan eksploitasi sumber-sumber minyak bumi sejak tahun 1980-an. Sebuah perusahaan minyak dari Arab Saudi, juga pernah melakukan penelitiannya di daersh Palas, hasilnya memang potensi panas bumi dan pertambangan di daerah Palas, masih belum cukup untuk diproduksi secara massal
“Saat itu, PT. Conoco menyatakan, sesuai hasil penelitian perusahaannya, potensi sumber minyak mentah dan panas buminya belum cukup tua untuk diproduksi atau dieksploitasi. Makanya, pihak PT. Conoco meninggalkan titik-titik lokasi pengebrannya,” sebutnya.
Menurut Zarnawi, pihak Pemkab Palas, untuk saat ini memiliki kebijakan, belum akan menawarkan kepada perusahaan pertambangan atau pihak ketiga untuk melakukan eksplorasi maupun eksploitasi potensi sumber panas bumi maupun pitensi pertambangan biji bumi yang sudah ditemukan.
“Kita khawatirkan, pihak perusahaan yang akan melakukan ekloitasi sumber panas bumi atau pertambangan yang ada di daerah Palas ini, bukan hanya mengekploitasi itu saja. Bisa saja, potensi sumber daya alam lainnya akan dikeruk habis oleh perusahaan tersebut. Dan akhirnya kekayaan alam di Palas akan cepat habis,” katanya.
“Saat ini, kita tetap bebaskan warga masyarakat kita untuk mendulang emas secara tradisional, seperti yang dilakykan masyarakat di Pinarik dan Aek Siraisan. Kita yakin, kalau masyarakat yang melakukannya, tentu potensinya akan bisa bertahan lama, dan ekonomi masyarakat kitabisa terbantu. Daripada potensi itu dieksploitasi dan dihabiskan oleh perusahaan lain,” sebutnya.
Untuk potensi sumber sumur gas yang di Kecamatan Huragi, tambahnya, itu juga potensi sumber daya panas bumi dari daerah Palas, yang harus dijaga bersama untuk sebesar-besarnya kemakmuran warga masyarakat setempat. “Kita akan segera jadwalkan ulang, untuk meninjau keberadaan sumur gas tersebut,” pungkasnya. Maulana Syafii

Categorised in:

No comment for WABUP PALAS: ADA 10 TITIK PERTAMBANGAN DAN PANAS BUMI DI PALAS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *