Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Tingkatkan Pengelolaan Pertanian, Pemkab Palas Gelar Rembug Tani Tahun 2016

Tingkatkan Pengelolaan Pertanian, Pemkab Palas Gelar Rembug Tani Tahun 2016

(344 Views) Mei 30, 2016 4:22 pm | Published by | No comment

PALAS-Bertujuan mewujudkan sistem pengelolaan pertanian yang baik dan terkoordinasi di daerah Kabupaten Palas, dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini, Pemkab Palas melalui Bagian Perekonomian Setdakab Palas gelar Rembug Tani tahun 2016, selama dua hari, Senin hingga Selasa (30-31/5), bertempat di Gedung Nasional Sibuhuan.
IMG_20160530_181631
Dalam laporannya, Kabag Ekonomi, Gempur Nasution, menyampaikan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama pihaknya dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Palas, dengan melibatkan sejumlah kelompok tani (poktan), petugas penyuluh se-Palas, petugas babinsa se-Palas, perwakilan dari pemerintahan kecamatan, pemuda dan mahasiswa.

“Lewat kegiatan ini diharapkan KTNA dan petani yang hadir serta petugas penyuluh dan babinsa, dapat memberikan inspirasi terhadap pengelolaan pertanian di Kabupaten Palas, dalam rangka meningkatkan perekonomian di daerah Palas,” ujarnya.

“Melalui kegiatan ini juga, kita bisa melakukan evaluasi atas sistem pengelolaan di sektor pertanian tanaman padi, holtikultura, peternakan dan perikanan di daerah Palas, sehingga tercipta sistem pengelolaan yang lebih baik, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Palas secara umumnya,” tambahnya.
IMG_20160530_181634

Mewakili Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap, Asisten 2 Pemkab Palas, Drs. Abdur Rahim Hasibuan dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini diharapkan memberikan semangat baru bagi petani di daerah Palas, lewat proses transfer ilmu dan komunikasi dengan petani mandiri dan andalan dari daerah lain, tercapainya swasembada pangan di daerah Palas.

“Perlu disampaikan, pada masa orde baru, saat masih tergabung di Kabupaten Tapsel, daerah ini merupakan lumbung beras. Tapi, saat ini luas lahan pertanian di sini kian berkurang karena alih fungsi lahan, yang disebabkan minimnya fasilitas saluran irigasi,” ungkapnya.

“Kami sangat berharap besar, lewat kegiatan ini, rencana Pemkab Palas untuk membangun pertanian padi gogo seluas 12 ribu hektare bisa terwujud, dengan tidak mengesampingkan persoalan pembangunan, perbaikan, atau peningkatan saluran irigasi pada lahan pertanian padi sawah kira,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, perlunya sinergitas antara KTNA dengan petugas penyuluh, petugas babinsa dan poktan serta pemerintahan kecamatan untuk mengoptimalkan rapat posko setiap minggu dan setiap bulannya. “Mengingat, tugas KTNA dan petugas penyuluh memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem pengelolaan lahan pertanian di daerah ini. Catat itu,” perintahnya.

Turut hadir sebagai pemateri dan teknisi pertanian pada acara itu, Rosmeli Nasution dari Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) Provinsi Sumut, Azwar Hamid dari Medan Research Social Institute, Parno, Petani Bidang Tanaman Pangan (Padi), Holtikultura (Cabai), Peternakan (Sapi), Perikanan (Lele), dan Produksi Pupuk Organik/Kompos dari Kabupaten Deli Serdang, serta Koordinator Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Provinsi Sumut, Baron alias Ramlan M. Santoso, Petani Bidang Peternakan Sapi dari Kabupaten Batubara

Categorised in:

No comment for Tingkatkan Pengelolaan Pertanian, Pemkab Palas Gelar Rembug Tani Tahun 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *