Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIDIK » TAHUN DEPAN AHOK DIBERHENTIKAN SEBAGAI GUBERNUR

TAHUN DEPAN AHOK DIBERHENTIKAN SEBAGAI GUBERNUR

(282 Views) Desember 16, 2016 6:21 pm | Published by | No comment

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (tengah) menjawab petanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di Bareskim, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (22/11). Ahok diperiksa penyidik Bareskrim Polri selama 8,5 jam untuk pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama. ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc/16.
JAKARTA- Kemendagri akan memberhentikan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari jabatannya mulai 12 Februari 2017.
“Begitu cutinya nanti habis kita berhentikan,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai memberikan ceramah umum bersama Kepala BNN dan Panglima TNI di kampus IPDN, Jatinangor, Jumat (16/12).
Ahok cuti, mengikuti pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta sejak 28 Oktober 2016 hingga 12 Februari 2017. Mantan Bupati Belitung itu akan diberhentikan karena berstatus tersangka kasus penistaan agama.
Kata Tjahjo, seorang kepala daerah yang sedang menjalani persidangan atau ditahan akan dibebaskan sementara dari jabatannya agar tidak mengambil kebijakan dan dapat fokus menjalani persidangan. “Kecuali operasi tangkap tangan korupsi. Kalau operasi tangkap tangan, gubernur, bupati, walikota, termasuk juga saya, langsung diberhentikan,” kata Tjahjo.
Pemberhentian itu, kata Tjahjo, hanya bersifat sementara sampai ada proses pengadilan tetap. “Bisa tingkat pertama, bisa kasasi, bisa sampai banding. Setelah diberhentikan sementara, wakilnya lah yang menggantikan,” jelas Tjahjo.
Tjahjo mengatakan, apabila pejabat bersangkutan tidak cuti, maka pemberhentian sementara akan langsung dilakukan setelah keluar surat resmi ketua pengadilan negeri yang menyatakan kepala daerah bersangkutan akan menjalani persidangan. (rnc/Yt)

Categorised in:

No comment for TAHUN DEPAN AHOK DIBERHENTIKAN SEBAGAI GUBERNUR

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *