Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Serapan Dana Desa di Palas Baru Sekitar 9 persen

Serapan Dana Desa di Palas Baru Sekitar 9 persen

(672 Views) September 2, 2016 3:11 pm | Published by | No comment

PALAS-Hingga akhir bulan agustus, besaran jumlah serapan Dana Desa (DD) di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), untuk pencairan dana desa tahap awal baru mencapai sekitar 9% atau sebesar Rp 8.554.396.400, dari total jumlah dana untuk Kabupaten Palas sebesar Rp. Rp 106.979.990.000, yang telah telah disalurkan
oleh pemerintah pusat ke kas daerah Palas pada akhil April lalu.

IMG_20160902_151423
Kuasa Bendahara Umum daerah Palas Fazaruddin Hasibuan melalui bendahara pejabat pengelola keuangan daerah (PPKD) Rio Foda mengungkapkan hal itu di Sibuhuan, Jumat (2/9) kepada wartawan. Katanya, “Besaran jumlah serapan dana desa sampai saat ini baru sebesar Rp. 8.554.396.400 dan diikuti serapan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 1.600.320.163,” ungkapnya.

Kata Rio, dalam minggu ini juga, ada sebanyak  39 desa yang telah menyampaikan pengajuan pencairan DD  ke Dinas Pendapatan setempat untuk segera diproses pencairannya. “Hal ini dapat dilaksanakan karena memang, pengajuan pencairan dana desanya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Palas (Pemdes), Syainal Nasution, saat ditemui mengatakan, hingga kini baru sebanyak 63 desa dari delapan kecamatan di Kabupaten Palas yang telah menyampaikan pengajuan pencairan DD. “Sedangkan empat kecamatan lagi, sampat saat ini masih dalam tahap proses verifikasi data,” ujarnya.

Dikatakan Syainal, jumlah total dana desa untuk Kabupaten Palas tahun 2016 sebesar Rp. 178 milyar yang akan disalurkan kepada sebanyak 303 desa se-Kabupaten Palas dengan cara dua kali tahap pencairan. Pencairan tahap awal sebesar 60%, saat ini sedang dilaksanakan prosesnya, dan untuk pencairan tahap kedua sebanyak 40%, dari total dana desa yang akan diterima oleh desa.

“Untuk pencairan tahap kedua, akan dilaksanakan setelah pengerjaan dan pertanggungjawaban pencairan tahap awal dilaksanakan. Saat ini, berkas pengajuan pencairan dana desa untuk 240 desa sedang diverifikasi di tingkat kecamatan dan hingga kini kendala yang sering muncul adalah adanya kesalahan dalam  pembuatan Rencanan Anggaran Belanja (RAB) dalam APBdesa,” ungkapnya. “Kemungkinan besar dalam bulan September ini pencairan dana desa ke seluruh desa se-Palas, kita upayakan akan terealisasi,” terang Syainal.

Categorised in:

No comment for Serapan Dana Desa di Palas Baru Sekitar 9 persen

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *