Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » SOSOK » SEMANGAT PERSAUDARAAN PUDAR

SEMANGAT PERSAUDARAAN PUDAR

(290 Views) November 14, 2016 9:31 pm | Published by | No comment

acu
TOKYO-Kesadaran pentingnya persaudaraan bangsa-bangsa perlu ditingkatkan. Ini perlu diperkuat lantaran demi menjaga bumi berbeda bangsa.

Hal itu diungkapkan Politikus PDI Perjuangan Puti Guntur Soekarno menyampaikan dalam kunjungannya di Universitas Kokushikan, Setagaya, Tokyo.
Pemahaman mengenai persaudaraan bangsa juga hasil pemikiran kakeknya Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Menurut dia, Soekarno menyitir kata-kata Mahatma Gandhi soal ‘nasionalisme ku, kemanusiaan dan kemanusiaanku adalah persaudaraan’.
“Kebangsaan Indonesia sebagaimana kata Bung Karno tumbuh subur dalam taman sarinya kemanusiaan. Itulah arah tujuan dan makna dari sebagian nilai dasar dari Pancasila yang berkaitan dengan ide berkebangsaan dan cita-cita kemanusiaan di dalam dunia yang sama,” kata Puti dalam keterangannya, Senin (14/11).

Puti menyebutkan saat ini dunia merasakan pudarnya semangat persaudaraan kemanusiaan. Bahkan ekonomi global bergerak cepat dalam sistem sulit dipahami nalar budi kemanusiaan.

“Terjadi gelombang besar materialisme yang semakin meminggirkan moral dan watak sosial. Tanpa persaudaraan bangsa-bangsa, kondisi tersebut akan makin parah dan mengancam keselamatan bumi seisinya,” ujarnya.

“Pada konteks ini, Pancasila haruslah dimengerti sebagai ideologi yang memiliki semangat menentang kesenjangan dan ketimpangan di dunia yang diakibatkan eksploitasi berlebihan yang dijalankan oleh kapitalisme global,” kata Puti.

Dalam forum tersebut dirinya juga mengajak serta para peneliti dan pemerhati baik dari Indonesia maupun dari Jepang untuk meniti jalan kebudayaan ini secara bersama-sama.
“Untuk meneliti, mengembangkan, dan memperjuangkan cita-cita Soekarno dalam memberikan sumbangan membangun peradaban dan perdamaian abadi di dunia. Untuk mewujudkan semua ini bisa kita tempuh dengan strategi politik kebudayaan,” tutupnya. (mc/ang)

Categorised in:

No comment for SEMANGAT PERSAUDARAAN PUDAR

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *