Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIDIK » PROYEK IRIGASI DINAS PSDA SUMUT DINILAI SUDAH AMBURADUL

PROYEK IRIGASI DINAS PSDA SUMUT DINILAI SUDAH AMBURADUL

(426 Views) Februari 2, 2017 5:47 pm | Published by | No comment

 Keterangan  gambar : Terlihat sejumlah material irigasi PSDA Sumut di Desa Sigorbus Julu yang dikerjakan CV. Fitri Karya yang sudah jebol berhamburan ke dasar Sungai Barumun. Irigasi Sigorbus ini tidak lagi bermanfaat bagi masyarakat. (Maulana Syafii).
PALAS-Proyek irigasi yang baru selesai dikerjakan pihak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumut, di Aliran Sungai Barumun Desa Sigorbus Julu, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang menghabiskan uang negara sebesar Rp 1,5 miliar, kondisinya kini dinilai sudah amburadul dan sangat memprihatinkan.
Pasalnya, kegiatan pembangunan proyek yang baru rampung dibangun sekitar sebulan yang lalu dan sudah di-PHO-kan pada minggu lalu itu, kini sepanjang sekitar 20 meter irigasinya sudah jebol dihantam luapan air Sungai Barumun, yang terjadi pekan lalu.
Pantauan wartawan di lokasi irigasi Sigorbus, Kamis (2/2), terlihat beberapa dinding batu irigasi sudah hanyut berserakan dengan posisi sudah miring. Terlihat pada plank proyek yang disandarkan pada batang pohon sawit dekat proyek irigasi itu, proyek ini mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Provsu TA. 2016 sebesar Rp.1,508 miliar, dikerjakan oleh Kontraktor CV. Fitri Karya/Dian Harianto, penanggung jawab proyeknya Dinas PSDA Provinsi Sumut.
“Jebolnya irigasi terjadi pada minggu yang lalu, tepatnya Hari Kamis (26/1), minggu lalu. Karena sebelumnya pengerjaan masih dilakukan oleh kontraktor. Ini kejadiannya baru, sebelumnya tidak jebol separah ini,” kata Kepala Desa Sigorbus Jae, Awaluddin Hasibuan didampingi masyarakatnya, Abdul Hadi Hasibuan.
“Akibat jebolnya irigasi tersebut, tentu saja, sistem pengairan persawahan milik petani di desa Hasahatan julu, Sigorbus Jae, Sigorbus Julu, Handis Julu, Hasatan julu, Binabo Julu, Binabo Jae, Sabarimba dan Desa Siolip, sampai saat ini tidak teratur,” sebutnya.
“Ada juga lahan sawah petani yang sudah sempat ditanami padi terendam air akibat jebolnya irigasi tersebut. Kami sangat berharap agar instansi terkait dapat segera memperbaikinya kembali,” pintanya.
Sejumlah warga masyarakat bermukim sekitar irigasi Sigorbus menilai, penegrejaan proyek PSDA Sumut ini terkesan dikerjakan asal jadi dan terkesan amburadul. Pasalnya baru saja selesai dikerjakan, hanya dalam beberapa waktu terakhir ini dihantam banjir saja, kondisi sudah amburadul, jebol dan materialnya hanyut.
“Ini membuktikan bahwa kualitas pekerjaan irigasi Sigorbus tidak ada kualiatsnya. Kita meminta aparat penegak hukum atau pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Palas, untuk mengusut tuntas persoalan proyek yang diduga banyak menimbulkan kerugian negara tersebut,” desak warga yang tidak ingin namanya dikorankan.
Sementara itu,nWakil Ketua DPRD Palas HM. Dayan Hasibuan SH meminta, agar pihak kontraktor dan Dinas PSDA Provsu segera memperbaiki pengerjaan proyek irigasi yang dilakukan di wilayah Sigorbus yang saat ini telah Jebol, karena proyek tersebut masih tanggung jawabnya.
“Kita minta kepada Instansi terkait, khususkontraktor proyek irigasi Sigorbus supaya memperbaiki irigasi yang jebol itu. Kepada Dinas PSDA Provsu kita tegaskan, supaya pengerjaan proyek-proyek irigasi ke depan nya tidak lagi terjadi yang seperti ini,” tegas Politisi Partai Demokrat ini. (Maulana Syafii)

Categorised in:

No comment for PROYEK IRIGASI DINAS PSDA SUMUT DINILAI SUDAH AMBURADUL

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *