Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Potret Buram Pendidikan di Aceh Tengah

Potret Buram Pendidikan di Aceh Tengah

(261 Views) Oktober 1, 2016 9:38 am | Published by | No comment

ACEH TENGAH-Potret buram pendidikan masih tampak di sejumlah daerah pedalaman di Tanah Air, termasuk di Aceh Tengah, Aceh. Kesenjangan sarana pendidikan dirasakan oleh anak negeri ini akibat ketidakpekaan pemerintah terhadap pendidikan di pelosok.

img_20161001_093401
Contohnya, di Madrasah Ibtidaiyah Swasta  Kala Wih Ilang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Semenjak dibangun pada tahun 2013, bangunan berdinding papan dan berlantai tanah ini tak kunjung mendapat perhatian pemerintah.

Bangunan yang memiliki dua ruang sebagai tempat belajar kini diisi oleh murid kelas 1 sampai kelas 4. Untuk dapat belajar di waktu yang sama, dua kelas yang berbeda terpaksa digabungkan dalam satu ruang belajar.

Kondisi tersebut mengakibatkan fokus belajar murid terganggu. Kebijakan menggabungkan murid yang berbeda kelas tersebut terpaksa dilakukan mengingat madrasah tersebut hanya memiliki dua ruang belajar, tanpa kantor kepala sekolah, ruang dewan guru, maupun pustaka.

Hal tersebut seperti dikatakan Sulastri, guru honorer yang sudah mengajar di madrasah tersebut sejak awal berdirinya pada tahun 2013. Sulastri juga mengatakan, kendala yang kerap dialami para murid adalah keterlambatan guru. Kondisi jalan yang buruk dan jarak tempuh ke sekolah di pelosok Kabupaten Aceh Tengah tersebut menjadi hambatan utama.

Bahkan, menurutnya, tak jarang orangtua murid menyampaikan keberatannya atas kondisi itu. Dia yang merupakan warga setempat pun hanya bisa meminta orangtua murid memaklumi kondisi tersebut.

Categorised in:

No comment for Potret Buram Pendidikan di Aceh Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *