Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Polres Rohul Apel Siaga Karhutla dan Simulasi Penanggulangan Karhutla Terintegrasi Tingkat Kecamatan Kabun Tahun 2020

Polres Rohul Apel Siaga Karhutla dan Simulasi Penanggulangan Karhutla Terintegrasi Tingkat Kecamatan Kabun Tahun 2020

(36 Views) Februari 25, 2020 5:11 pm | Published by | No comment

IMG-20200225-WA0287

ROKAN HULU-Apel Siaga Karlahut dan Simulasi penanggulangan Karhutla terintegrasi tingkat Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (25/2/2020) sekitar Pukul 11.00 Wib, di Lapangan Bola Desa Batu Langkah Besar.

Kegiatan itu dihadiri, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK, Kapolsek Kabun AKP Didi Antoni, SH, MH, Camat Kabun Anang Perdana Putra, S STp.

Kemudian, Danramil 08 Tandun diwakili Serma Sugianto, Kasat Lantas AKP Andriyanto, S Kg, S IK, Kasat Sabhara AKP Kamsir, Upika Kecamatan Kabun, Kepala Desa Se Kecamatan Kabun.

Simulasi penanggulangan Karhutla itu digelar di Area Eks PMKS Mini Desa Batu Langkah Besar Kecamatan Kabun.

Bertindak sebagai Penanggung Jawab kegiatan Upika Kecamatan Kabun Selaku Dan Sat Gas B3KBN, Camat Kabun Anang Perdana Putra, S STP, Kapolsek Kabun AKP Didi Antoni, SH, MH dan Danramil 08/TDN diwakili Serma Sugianto

Adapun peserta simulasi berjumlah sekitar 110 orang terdiri dari Team Karhutla Kecamatan , Koramil 08/TDN, Polsek Kabun, Trantib Kecamatan Kabun, Ka Kamenag Kecamatan Kabun, Puskesmas Kabun, Senkom Kecamatan Kabun dan lainnya.

Tim Karhutla Rayon I, Pemerintahan Desa Bencah Kesuma Bersama Perwakilan MPA, Pemerintahan Desa Aliantan bersama Perwakilan MPA, Pemerintahan Desa Giti Bersama Perwakilan MPA.

Kemudian, seluruh Tim Tanggap Darurat Perusahaan, Perkebunan dan KUD di Rayon I PT FAA, PT Air Jernih, PT Padasa Enam Utama Kalda, PT Bara Induk, KUD Bangkit Usaha Makmur

Selanjutnya Tim Karhutla Rayon II, Pemerintahan Desa Kabun Bersama Perwakilan MPA, Pemerintahan Desa Koto Ranah Bersama Perwakilan MPA, Pemerintahan Desa Batu Langkah Besar Bersama Perwakilan MPA

Kemudian seluruh Tim tanggap darurat perusahaan, perkebunan dan KUD di Rayon II, PTPN V SBL, PMKS PT GPP, PT Padasa Enam Utama Kalsa dan PT TIP

Adapun rangkaian kegiatan, Apel Siaga Karhutla, Arahan Kapolsek Kabun, Danramil 08/TDN, Camat Kabun, kemudian menentukan serta memperagakan, Formasi Peserta Apel, Formasi Pegelaran Ranmor, Formasi Peralatan Karhutla, Posisi Tenda Undangan dan Penunjukan.

Perwakilan Pemasangan Pita Siaga Karhutla Kecamatan Kabun tahun 2020, Perangkat Apel, Tatib Apel, Kelengkapan Peralatan dan Media Apel

Kapolres Rohul, menyampaikan
ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya apel siaga dan simulasi penanganannya.

“Presiden RI sangat mengapresiasi langkah – langkah yang telah dilakukan oleh seluruh komponen di provinsi Riau,” katanya.

“Kita perlu berbangga bahwa provinsi lain yang dimungkinkan terjadinya Karhutla di musim kemarau akan mencontoh kita baik secara IT maupun Sapras termasuk juga sinergitas yang terjalin dalam pencegahan dan penanganan karhutla,” bebernya.

“Tinggal kita melanjutkan mengkonkretkan lagi apa yang telah kita rencanakan ini dengan sebaik-baiknya,” tutupnya

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanganan Karhutla, Terintegrasi Tingkat Kecamatan Kabun tahun 2020.

Selanjutnya rreka adegan mitigasi
Pencegahan Karhutla, menyampaikan maklumat Kapolda dan himbauan Gubernur Riau, Kakamenang memberdayakan
Penyuluh Agama dalam melakukan mitigasi Pencegahan Karhutla dan Tim 3 Pilar Melaksanakan Patroli
Karhutla

Seterusnya Operasional penanggulangan Karhutla skenario simulasi berawal dari adanya Laporan dari masyarakat tentang adanya Karhutla.

Kemudian Kepala Desa Bt Langkah Besar, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Melakukan Koordinasi 3 Pilar mengumpulkan MPA Desa

Melapor Kepada Dan Sat Gas B3KBN selanjutnya Tim 3 Pilar dan MPA mendatangi TKP, melakukan identifikasi seperti maping sumber air, menentukan luas lahan dan jumlah itik Api, arah Api, membuat sekat Api, arah Angin dan melakukan lemadaman Api.

Seluruh MPA Tim Tanggap Darurat Rayon II Stanbey di Posko Karhutla Kecamatan Kabun. Laporan eituasi kepada Dan Sat Gas B3KBN, Api tidak dapat dikuasai kebakaran semakin meluas serta melaporkan beberapa personil sudah kelelahan dan ada yang mengalami luka bakar.

Tim meminta bantuan Personil, peralatan dan membutuhkan Medis. Setelah mendapat laporan situasi
Dan Sat Gas mengarahkan seluruh MPA.

Kemudian Personil tanggap Darurat Rayon I, Tim Medis turun ke TKP kebakaran untuk membantu menanggulangi kebakaran, evakuasi korban dan memberikan bantuan Medis kepada korban luka yang mengalami luka Bakar.

Puskesmas Kabun membagikan Masker Kepada Tim Ops, Penanggulangan Karhutla sebelum Team berangkat ke Lokasi kebakaran.

Pada situasi ini seluruh MPA dan Tim Tanggap Darurat berikut peralatan Rayon I sudah bergeser dan Stanby di Posko Karhutla Kecamatan.

Setelah Dan Sat Gas bersama seluruh MPA dan Tim tanggap Darurat melakukan Pemadaman ternyata api belum juga dapat dikuasai dan kebakaran terus meluas.

Dan Sat Gas B3KBN mengarahkan seluruh MPA dan Tim tanggap darurat berikut peralatan karhutla Rayon I untuk turun ke TKP kebakaran membantu melakukan pemadaman bersama.

Jika diasumsikan kebakaran terjadi dibberbagai daerah di Indonesia dan menimbulkan bencana Asap, maka dalam hal Ini Puskesmas Kabun membagikan Masker kepada Masyarakat Kecamatan Kabun dan Ka Kamenag Kabun Merangkul Masyarakat Pemeluk Agama, Pondok Pasantren dan Ulama guna Menginisiasi Do’a bersama dan Sholat Istiqo’ (Minta hujan).

Ternyata setelah Rayon I dan Rayon II melakukan oenanggulangan bersama Api dapat dipadamkan kebakaran dapat dikuasai, selanjutnya Dan Sat Gas melakukan konsolidasi dan mengakhiri Tugas Operasi penanggulangan Karhutla.

Selanjutnya Tim Yuridikasi/Gakkum melakukan reka adegan Investigasi Paska Kebakaran, Melakukan Olah TKP, Mencatat identitas saksi-saksi, Memasang Police Line/segel, Mengumpulkan barang bukti, Melakukan Proses sesuai hukum yang berlaku, Lidik keberadaan Pelaku, Mengamankan 2 orang Pelaku Pembakaran.

Patroli Pendinginan, reka adegan Tim 3 Pilar bersama MPA melakukan Patroli pendinginan guna Memastikan tidak ada lagi bara api yang menyala agar tidak terjadi kebakaran dilokasi  yang sama, memastikan ada tidaknya titik api atau yang berkaitan dengan kebakaran.

Categorised in: , ,

No comment for Polres Rohul Apel Siaga Karhutla dan Simulasi Penanggulangan Karhutla Terintegrasi Tingkat Kecamatan Kabun Tahun 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *