Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Persiapan KC FSPMI Kabupaten Palas, DPW FSPMI Sumut Audiensi ke Dinsos Naker Trans Palas

Persiapan KC FSPMI Kabupaten Palas, DPW FSPMI Sumut Audiensi ke Dinsos Naker Trans Palas

(457 Views) Mei 26, 2016 3:04 pm | Published by | No comment

PALAS- Dalam rangka mempersiapkan struktur kepengurusan Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) di daerah Kabupaten Palas, fungsionaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FSPMI Provinsi Sumut bersama belasan pengurus FSPMI di Sibuhuan, beraudiensi ke Dinsos Nakertrans Palas, pada Kamus (26/5).
IMG_20160527_063536
Kehadiran rombongan pengurus organisasi perjuangan hak normatif kaum buruh ini, dipimpin oleh Ketua DPW FSPMI Sumut, Willy Agus Utomo, SH didampingi Sekretarisnya, Tony Rickson Silalahi, bersama Dedi Heriawan, Waket FSPMI Sumut, Dedek Cahya Sirait, Garda Metal Provinsi Sumut, di diterima oleh Bidang Tenaga Kerja Dinsos Nakertrans Palas, diwakili oleh Kasi Pengawas Tenaga Kerja, Jonedi Piliang, SH dan Kasi Hubungan Industri Ahmad Alkindi Alkudadiri, SH.

“Eksistensi FSPMI di Kabupaten Pala sudah berjalan  selama satu tahun terkahir dan sudah membentuk dua Pimpinan Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Elektronik Elektrik (SPEE) FSPMI, yakni para pekerja OS PLN Rayon Sibuhuan dari Pelayanan Teknik (Yantek) dan Pencatat Meter (Cater), dengan jumlah anggota sebanyak 300-an,” sebut Willy mempernalkan diri.

“Kehadiran dua PUK FSPMI di Kabupaten Palas ini, ternyata mampu menyuarakan perjuangan dan pergerakan kaum buruh dalam menuntut hak-hak normatif. Dari Pengalaman pergerakan bersama itu, dalam waktu dekat akan dibentuk tiga lagi PUK FSPMI dari sektor buruh perkebunan di Palas. Atas dasar itu, DPW FSPMI Sumut memandang perlu membentuk KC FSPMI di Kabupaten Palas, sebagai perpanjangan tangannya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, DPW FSPMI Sumut menyampaikan pesan dan harapan, agar Dinsos Nakertrans Palas dapat lebih merespon pengaduan buruh terkait hak-hak normatif buruh, mengingat jumlah serikat buruh di daerah ini masih minim. “Indikasinya, banyak buruh di daerah Palas yang belum mendapatkan hak-hak normatifnya sesuai aturan dan ketentuan yang berlakum,” duga Tony.

“Oleh sebab itu, dalam waku dekat, setelah terbentuknya tiga PUK FSPMI dari sektor buruh perkebunan di Palas, DPW FSPMI Sumut akan segera menerbitkan SK KC FSPMI Kabupaten Palas, agar bisa dicatatkan keberadaannya pada Kantor Dinsos Nakertrans Palas dan mampu menjalankan kerja-kerja mengadvokasi persoalan buruh di sini,” tegasnya.

Diharapkan setelah dibentuknya KC FSPMI di Kabupaten Palas nantinya, bisa menjalin kerjasama yang baik dengan Dinsos Nakertrans Palas dan mensingronkan langkah bersama dalam memperjuangkan dan meningkatkan kesejahteraan buruh di daerah ini. “Kita juga bermohon, agar nantinya keberadaan KC FSPMI Kabupaten Palas bisa terlibat pada Pengurus Dewan Pengupahan Palas,” pungkasnya.

Sesuai hasil rapat DPW FSPMI Sumut dengan FSPMI di Sibuhuan, terangnya, disepakati susunan pengurus KC FSPMI Kabupaten Palas periode 2016-2019, Ketua Maulana Syafii, SHI, Waket Sudarno, Sekretaris, Uluan Pardomuan Pane, Wasek Muhammad Ilman Lubis dan Bendahara M. Sofyan Yulia Novianto.

Menanggapi hal ini, Kasi Wasnaker, Jonedi Piliang, SH mengatakan, saat ini ada sebanyak 33 perusahaan di Kabupaten Palas yang sudah melaporkan keberadaan karyawannya. Dari sebanyak jumlah karyawan di puluhan perusahaan itu, belum sebanding dengan personil yang ada pada bidang Naker Dinsos Nakertrans Palas.

“Memang kami akui, kurang melakukan kunjungan pengawasan terhadap karyawan di perusahaan, disebabkan kurangnya personil. Jumlah personil yang ada hanya empat orang, tentu kewalahan mengawasi persoalan karyawan di puluhan perusshaan. Tapi, kami selalu terbuka dalam menanggapi persoalan buruh yang menyampaikan pengaduannya kepada kami,” ujarnya.

“Bila SK KC FSPMI di Kabupaten Palas sudah diterbitkan oleh DPW FSPMI Sumut, agar segera disampaikan kepada kami untuk bisa kami keluarkan rekomendasinya dan kami laporkan kepada Bupati Palas. Soal usulan KC FSPMI Kabupaten Palas agar dilibatkan dalam Dewan Pengupahan Daerah (DPD) Palas, akan kami pertimbangkan untuk kepengurusan DPD Palas pada tahun 2017 nanti,” ujarnya.

Categorised in:

No comment for Persiapan KC FSPMI Kabupaten Palas, DPW FSPMI Sumut Audiensi ke Dinsos Naker Trans Palas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *