Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Pengurus LSM Penjara Petakan Sejumlah Titik Potensi Dugaan Korupsi, Minta Bupati Rohul Supaya Koordinasikan Dengan Polisi Dan Jaksa

Pengurus LSM Penjara Petakan Sejumlah Titik Potensi Dugaan Korupsi, Minta Bupati Rohul Supaya Koordinasikan Dengan Polisi Dan Jaksa

(120 Views) Juni 2, 2020 6:59 pm | Published by | No comment

IMG-20200602-WA0240ROKAN HULU-Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lembaga Swadya Madyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dikomandai Asep Susanto, mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) internal di Kota Pasir Pangaraian, Selasa (2/6/2020).

Momen rakor internal ini, sekaligus dalam suasana Halal Bil Halal Idul Fitri 1441 H, dalam kegiatan itu turut dihadiri, Ketua Dewan Penasehat Dt Hardizon Said, SSt, APt, MP, Sekretaris E Rambe, S Sos, A Md dan pengurus lainnya.

Pada kesempatan itu, selain membahas internal organisasi, termasuk rencana audince dan silaturrahmi dengan Bupati Rohul H Sukiman serta pemangku kepentingannya, kemudian memetakan sejumlah potensi dugaan korupsi di Negeri Seribu Suluk.

Dalam perbincangan yang cukup alot tesebut dalam waktu dekat Pengurus DPC LSM Penjara menunjuk Tim Koordinator Hendron Sihombing untuk bersama-sama melakukan penyusunan sejumlah okbjek ada indikasi korupsi.

“Adapun yang menjadi sorotan kita yakni penyertaan modal sebesar Rp 39 M di Perusahaan Rokan Hulu Jaya (RHJ), Proyek Pengadaan Pamsimas Tahun 2007 hingga tahun 2013 lalu, karena sejumlah bagunan Pamsimas itu sudah menjadi monumen saja,” kata Ketua DPC LSM Penjara Rohul Asep Susannto.

“Tidak itu saja, aset Pemkab Rohul berupa aset tanah, bangunan dan Yayasan Pendidikan serta fasilitas rumah ibadah, semua biayanya dari Angggaran Pemerintah, tapi kepemilikan seperti aktanya terkesan dikuasai orang perorang,” ungkapnya.

Masih di tempat yang sama, Dewan Penasehat Dt Hardizon Said, SSt, APt, MP, terkait dana penyertaan modal di Perusda RHJ itu, sudah mengantongi informasi kalau uang ada depositokan di beberapa bank.

“Namun kita merasa aneh dan heran, jika didepositokan tentu ada keuntungan tiap bulannya, dengan kondisi saat ini secara nasional pengkembangan keuangan negara terjadi fluktuasi, alangkah positif jika uang tersebut digunakan untuk kepentingan rakyat, cuma persoalannya apakah uang itu masih ada atau tidak,” tegasnya.

“Kita objektifitas saja, kita ingin masyarakat cerdas dan mengetahuinya, bila perlu terbuka secara lebar, karena kami menilai Pemkab Rohul saat ini, sepkat untuk menciptakan clean and good Governance,” papar Dt Hardizon Said SST, APt, MP.

“Kemudiann tentang asset Pemkab Rohul yang berupa tanah telah diganti rugi, kita pertanyakasan kini dimana keberadaannya,” Hardizon Said mempertanyakan.

Kemudian, Wakil Ketua Pengurus DPC LSM Penjara Rohul, Sumadi Hasibuan juga sempat menyinggung bantuan dana bergulir pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), baik itu bersumber tingkat provinsi dan kabupaten yang disalurkan ke seluruh desa di Kabupaten Rohul.

“Itu perlu juga dilakukan penelitian karena itu dana bergulir, dulu pernah sehingga uang yang nominalnya cukup besar tersebut bisa dipertanggungjawabkan,” tutur Sumadi Hasibuan.

Kemudian, Asep Susanto juga meminta kepada Bupati Rohul H Sukiman untuk mengkoordinasikan ini kepada penegak hukum di tinggkat Kabupaten Rohul baik itu pihak kejaksaan dan kepolisian, jika mereka mereka tidak cukup Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengindetifikasi, bisa dilakukan dengan aparat penegak hukum tingkat Provinsi Riau.

“Jika tidak, LSM Penjara Rohul juga, siap mengkoordinasikan dengan Kejagung dan Mabes Polri, bahkan kita juga dengan konsep bersama, siap mengundang pihak KPK RI supaya memberikan opini terkait sektor-sektor potensi dugaan korupsi tersebut, nanti kita upayakan komunikasi dengan pihak DPP LSM Penjara,” pungkas Asep Susanto mengakhiri.
(Humas LSM Penjara Rohul)

Categorised in: , , ,

No comment for Pengurus LSM Penjara Petakan Sejumlah Titik Potensi Dugaan Korupsi, Minta Bupati Rohul Supaya Koordinasikan Dengan Polisi Dan Jaksa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *