Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » PENGEBORAN LANDAIAN SUHU PANAS BUMI RIMBO PANTI DIMULAI

PENGEBORAN LANDAIAN SUHU PANAS BUMI RIMBO PANTI DIMULAI

(1043 Views) Mei 18, 2017 1:08 am | Published by | No comment
th
PASAMAN-Pengeboran landaian suhu daerah panas bumi Panti Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat dimulai pengeboran perdananya oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis  dan disaksikan para rombongan para kepala SOPD terkait Senin (15/5).
Menurut Badan Geologi wilayah Indonesia terletak pada jalur gunung api aktif membuat Indonesia kaya akan sumber daya panas bumi, dengan potensi energy panas bumi sekitar 28.500 MWe yang terdiri kelas sumber daya sekitar 11.000 MWe dan kelas cadangan sekitar 17.500 MWe.
Walaupun mempunyai potensi besar saat ini hanya sekitar 1.600 MWe listrik yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Renaga Panas Bumi (PLTP), dan terbuka lebar kesempatan energi panas bumi dijadikan energi alternative andalan untuk mengurangi ketergantuangan Indonesia pada sumber energi fosil yang kian menipis.
Menurut salah seorang perwakilan dari Badan Geologi Robertrus mengatakan, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan potensi energy panas bumi yang dituangkan dalam peraturan dan kebijakan pemerintah.
Pada tahun 2017 ini Badan Geologi merekomendasikan  tiga wilayah prospek panas bumi untuk diusulkan menjadi WKP, untuk wilayah Provinsi Sumetera Barrdasarkan hasil survey Badan Geologi  Daerah panas bumi Panti memiliki potensi sebesar 11 km2 dengan perkiraan temperature reservoir sebesar 180 derjat Celsius, pegeboran saat ini akan dilakukan dengan target kedalaman 700 meter didaerah rimbo Panti sebagai penyidik lanjutan panas bumi yang akan dilaksanakan oleh PSDMBP bersama Badan Geologi untuk mendapatkan data data bawah permukaan, kita harap pengboran lancer dan sukses dan dapat diperoleh data lengkap dan akurat untuk diusulkan menjadi wilayah kerja panas bumi (WKP), paparnya.
Bupati Pasaman mengatakan, Pemboran yang dilaksanakan hari ini kita harap berhasil nantinya, kalau proyek ini selesai kita hanya dapat keuntungan saja, sebab tanah dirimbo Panti ini adalah tanah Negara cagar alam, ini adalah tanggungjawab pusat. ” Izinnyapun dari menteri jadi tidak ada hubugannya dengan pemerintah daerah Kabupaten Pasaman, tidak ada satu lembar suratpun yang ditanda tangani Bupati Pasaman,” ujarnya.
Maka itu kepada masyarakat Kabupaten Pasaman khususnya masyarakat Kecamatan Panti, berdoa semoga projek ini jadi. “Mari kita jaga peralatan yang ada dilokasi ini supaya pelaksanaan projek ini tidak terganggu, keberhasilan projek ini akan menguntungkan masyarakat kabupaten Pasaman nantinya,” kata Bupati (di/ RZ)
Categorised in:

No comment for PENGEBORAN LANDAIAN SUHU PANAS BUMI RIMBO PANTI DIMULAI

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *