Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Penetapan Pimpinan DPR-RI yang baru Peluang Ciptakan Kegaduhan

Penetapan Pimpinan DPR-RI yang baru Peluang Ciptakan Kegaduhan

(452 Views) Desember 18, 2015 12:31 am | Published by | No comment

Setelah mundurnya Setya Novanto (Setnov) dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI. Kini ada persoalan untuk mencari penggantinya hingga muncul wacana kocok ulang pimpinan parlemen.

Pengamat politik Idil Akbar mengatakan, Undang-Undang No 17 Tahun 2014 MPR DPR, DPRD, DPD (MD3) telah membatasi bahwa pimpinan DPR meski bersifat paket, tetapi kemudian ada salah unsur pimpinan mengundurkan diri tidak serta merta yang lain ikut turun. Hal itu tertuang dalam Pasal 87 Ayat (1), (3) dan (4).

“Artinya, jika melihat indikasi yang saat ini terjadi sepertinya tidak bersifat otomatis. Setnov sendiri yang lengser dari jabatannya sementara unsur pimpinan DPR lainnya tidak. Jika itu yang kemudian yang terjadi maka praktis gilirannya nanti akan dipilih ketua DPR baru dari partai yang sama dengan Setnov,” katanya kepada wartawan, Kamis (17/12).

Menurut pengamat asal Universitas Padjajaran (Unpad) ini, mengenai wacana kocok ulang sedianya merupakan target utama yang dilempar Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Sehingga disinyalir bakal ada upaya agar UU MD3 direvisi.

“Kocok ulang menurut saya memang menjadi target utama KIH dan untuk itu mereka akan berupaya agar UUD MD3 direvisi. Komposisi partai pendukung Pemerintah yang saat ini mayoritas di DPR akan ikut mendorong kepercayaan diri pihak KIH untuk bisa merevisi ketentuan ini. Dan memang hal ini sangat besar kemungkinan akan menciptakan kegaduhan baru,” pungkasnya.(Rocky Silalahi)dpr ri

Categorised in:

No comment for Penetapan Pimpinan DPR-RI yang baru Peluang Ciptakan Kegaduhan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *