Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » PEMKAB PASBAR BEKUKAN AKTIFITAS PKS PT AWL

PEMKAB PASBAR BEKUKAN AKTIFITAS PKS PT AWL

(645 Views) April 21, 2017 12:37 am | Published by | No comment
IMG-20170420-WA0036
PASAMAN BARAT-Pemkab Pasaman Barat, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Nomor 188.45/302/Bup-Pasbar/2017, Tanggal 13 April 2017 memberikan sanksi administratif pembekuan izin lingkungan kepada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Agro Wira Ligatsa (AWL)
Sesuai ketentuan tersebut, maka pemberlakuan pelaksanaan penerapan sanksi pembekuan izin kepada PT AWL,  dilakukan,  Senin (17/4)  dipimpin langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edi Busti.
Penerapan sanksi tersebut berupa penghentian produksi Pabrik dan kegiatan lainnya sampai batas terpenuhinya kewajiban pihak PT AWL
Sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku, operasi penghentian produksi Pabrik PT AWL  dipimpin Kadis Lingkungan Hidup,  Edi Busti tersebut
Selain itu hadir masyarakat setempat juga terlihat hadir Asisten II Pemkab Pasbar,Yuldesri, Kasat Intelkam Polres Pasbar, Iptu Elvis Susilo, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Simpang Empat, Kasat Sabhara, Perwira koordinator BIN, Pabung 0305 Pasaman.
Kemudian, Kabid PPUD, Ibnu Hajar, Kapolsek Gunung Tuleh, Junaidi, Camat Gunung Tuleh, Djoko, Wali Nagarib muara Kiawai, LSM Aliansi Masyarakat Bersatu (AMB) dan pihak management HAD PT AWL, Syahrul Rudi beserta Staf.
Menurut Kepala Dinas Lingkung Hidup Kabupaten Pasaman Barat,  pihaknya selama ini sudah beberapa kali memberikan teguran terhadap beberapa temuan pelanggaran yang dilakukan Pihak PT AWL, namun pihak perusahaan masih membandel.
Bahkan, kata Edi Busti, seyogyanya pihaknya akan melakukan pembekuan sesuai dengan tanggal SK Bupati tapi masih diberikan kesempatan beberapa hari kepada pihak perusahaan agar dapat mensosialisasikannya kepada suplier TBS dan masyarakat tentang pembekuan ini, hingga saat diberlakukan sanksi pihak-pihak lain tidak dirugikan.
” Sanksi ditetapkan kepada PT AWL, sebenarnya terhitung Senin (17/4), namun kami masih memberikan toleransi pada tanggal 18 April 2017 yakni nanti tepat pukul 00.00 Wib agar semua aktifitas produksi PT AWL dihentikan dan izin PT AWL dibekukan hingga esok tidak ada kami temukan kegiatan di perusahaan, ” terang Edi Busti.
Sementara itu, Kapolres Pasbar, AKBP Iman Pribadi Santoso melalui kasat Intelkam IPTU Elvis Susilo, menghimbau agar semua pihak tetap saling menjaga ketertiban dan tidak melakukan hal-hal lain yang dapat menimbulkan tindak pidana atau hal lainnya yang dapat mengganggu Kamtibmas.
 Menurutnya proses ini hendaknya menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk tetap patuh dan tertib pada semua aturan dan perundang-undangan yang ada di NKRI dalam melakukan kegiatan di masyarakat.
Di lain pihak, mewakili PT AWL, Syahrul Rudi dalam tanggapannya pihak perusahaan selama ini telah memenuhi atau telah memperbaiki beberapa kriteria aturan yang ada.
“Namun terhadap sanksi yang telah di tetapkan Pemkab, pada hari ini sesuai SK Bupati tersebut, PT AWL, menerima sanksi pembekuan Izin dan pemberhentian aktifitas produksi di perusahaannya,” tuturmya.
Pemasangan plank sanksi dilakukan  Satpol PP dan disaksikan seluruh tim dan pihak perusahaan PT AWL beserta masyarakat yang hadir.
“Selesai pemasangan Plank,Tim bersama pihak perusahaan melakukan pengecekan langsung ke lapangan sirkulasi pembuangan limbah. Di lapangan ternyata Tim masih menemukan sirkulasi limbah yang tidak baik,” tukasnya
Seperti, pada kolam 5 sirkulasi limbah masih terhubung langsung ke kolam 9, sedangkan pada kolam 10 masih di temukan adanya (Agra/bakteri) langsung dibuang dari kolam 9, selain itu juga di temukan dibeberapa titik limbah padat teronggok yang tidak terurus,  diduga terlihat juga kolam 10 tidak aktif.
Berdasarkan tinjauan dan pengecekan langsung tersebut pihak Dinas LH mengambil sampel limbah sebanyak satu botol Aqua menengah dari kolam 9 untuk dipelajari lebih lanjut.
Berdasarkan pantauan Tim di lapangan, juga diikuti beberapa LSM dan Wartawan diduga ditemukan juga adanya pelanggaran pidana, dalam hal ini saluran pembuangan limbah dilakukan  PT AWL, ternyata ada dugaan tidak sesuai dengan ketentuan yakni UU 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pada pasal 97-99 terutama pasal 104.
Beberapa LSM menyarankan agar pihak terkait atau instansi terkait untuk juga dapat melakukan upaya hukum terhadap pelanggaran pidana yang dilakukan  PT.AWL tersebut. (zul/Rz).
Categorised in:

No comment for PEMKAB PASBAR BEKUKAN AKTIFITAS PKS PT AWL

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *