Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Pemkab Palas Sudah Terima Dana Sertifikasi Guru Rp 16,2 Miliar

Pemkab Palas Sudah Terima Dana Sertifikasi Guru Rp 16,2 Miliar

(537 Views) Mei 24, 2016 10:15 am | Published by | No comment

PALAS-Dana sertifikasi guru di Kabupaten Palas, yang digadang-gadang akan dicairkan pada awal bulan april 2016 dan sudah lama dinantikan oleh para tenaga pendidik di daerah ini, namun, sampai hari ini dana yang ditunggu-tunggu itu belum juga diterima oleh para guru. Padahal, dana sertifikasi guru sebesar Rp. 16,2 miliar itu, sudah masuk ke rekening Pemkab Palas pada sekitar bulan maret yang lalu.
IMG_20160524_141556
“Dana sertifikasi guru sudah masuk ke rekening kas daerah Pemkab Palas, pada sekitar bulan maret 2016 lalu, jumlah globalnya sebesar Rp. 16,2 miliar,” sebut Kabid Pembendaharaan pada Dinas Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPKAD) Palas, Fajaruddin Hasibuan, Selasa (24/5).

“Dana sertifikasi itu, sampai saat ini belum dikeluarkan dari kas pemda, karena belum ada permohonan pencairan dana dari Disdik Palas. Sesuai tupoksi kami, kami akan mengeluarkan dana tersebut setelah ada permohonan dari SKPD masing-masing di lingkup Pemkab Palas dilengkapi dengan dokumen dan persyaratan pencairan dana,” terangnya.

“Kalau permohonan sudah masuk lengkap dengan dokumen dan persyaratannya, tentulah dananya segera kita cairkan. Apalagi saat ini, kan sudah menjelang ramadhan, tentu dananya bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan pokok bagi PNS itu,” ujarnya.

“Kalau gaji ke-14, sampai saat ini dananya belum masuk ke kas daerah Pemkab Palas. Info yang kami terima pada bulan juli nanti, dana itu harus sudah cair sebelum perayaan lebaran. Karena, istilah gaji 14 ini adalah THR-nya PNS, sebagai tambahan biaya bagi PNS untuk membeli kebutuhannya pada hari besar keagamaan,” tambahnya,

Sebelumnya, Plt  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palas Drs. Abdul Rahim Hasibuan, saat ditemui di ruangannya, belum lama ini, ketika ditanyai tentang kendala dan hambatan pencairan tunjangan profesi Sertifikasi guru itu mengatakan, keterlambatan proses pencairan dana itu disebabkan kurang validnya Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari pihak sekolah dan Disdik Palas sendiri, sampai saat ini belum menerima Juknis dari Pusat.

“Saya harus hati-hati dan saya juga harus memverifikasikan di Disdik Palas, kemudian juga, harus diverifikasi lagi ke bagian keuangan, jadi tidak serta-merta saya bisa mencairkan dana itu,” sebutnya.

“Tetapi dalam waktu dekat ini akan segera dikeluarkan, karena anggarannya sudah ditampung negara, tetapi kami akan upayakan agar dana sertifikasi itu bisa langsung diterima sampai ke tangan guru,” tegasnya.

Seperti juga dikatakan, Kabid Dikdas Drs. Akhir Daulay dan Kasi Tendik, Darmawati SPd, katanya, “Dapodik dari sekolah tidak falid, kita sudah mengarahkan agar guru segera memperbaiki data tersebut, dan kita juga akan upayakan secepatnya pembayaran dana sertifikasi itu, kalau Disdik palas sudah mengetahui juknisnya dari pusat, tapi tetap diupayakan pada pertengahan bulan ini, dana itu sudah bisa dicairkan,” pungkasnya

Categorised in:

No comment for Pemkab Palas Sudah Terima Dana Sertifikasi Guru Rp 16,2 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *