Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Pemkab Palas Sosialisasikan Tapal Batas Dengan 3 Kabupaten

Pemkab Palas Sosialisasikan Tapal Batas Dengan 3 Kabupaten

(446 Views) Mei 27, 2016 1:35 pm | Published by | No comment

PALAS-Pemkab Palas melalui Bagian Pemerintahan Sekdakab Palas, sosialisasikan Percepatan Penegasan Tapal Batas antara daerah Kabupaten Palas, Kabupaten Paluta, KabupatenTapsel dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), sekaligus tapal batas antar kecamatan di Kabupaten Palas, Kamis (26/5), di Hotel Al Marwah Sibuhuan.
IMG_20160527_133600
Kegiatan sosialisasi itu, diikuti peserta sebanyak 100 orang, terdiri dari Kabag Pemerintahan Kabupaten Paluta, Kabupaten Tapsel dan Kabag Tapem Kabupaten Palas sebanyak 3 orang, unsur Muspika dan camat se Kabupaten Palas sebanyak 20 orang, Pimpinan SKPD terkait 15 orang dan para kepala desa yang berada di wilayah perbatasan antar kecamatan bersama perwakilan masyarakat sebanyak 82 orang.

Wabup palas Drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht dalam sambutannya mengatakan, batas daerah merupakan salah satu unsur yang dijadikan dasar bagi eksistensi suatu daerah, dalam lingkup kabupaten maupun daerah administrasi yang tingkatannya lebih rendah. 

“Batas antar daerah kabupaten, kecamatan maupun desa pada hakekatnya merupakan satu kesatuan yang utuh dari luas wilayah daerah dimana di dalamnya mengandung makna keberadaan teritorial daerah. Batas daerah merupakan penanda sampai sejauh mana kewenangan penyelenggaraan entitas pemerintahan,” katanya.

“Mewujudkan ketegasan batas daerah perlu pemahaman yuridis, teknis survey dan pemetaan yang baik dan benar sehingga didapatkan hasil yang maksimal. Urgensi penegasan batas daerah menjadi demikian mendesak karena kewenangan yang dimiliki daerah sangat ditentukan oleh batas-batas tersebut,” tegasnya.

Penegasan batas yang hadapi, lanjutnya, masih besar, baik itu batas antar kabupaten maupun batas antar kecamatan yang ada di Kabupaten Palas. “Untuk segmen batas antar kabupaten kita memiliki 3 segmen batas yaitu, Kabupaten Palas dengan Kabupaten Paluta, Kabupaten Palas dengan Kabupaten Tapselbdan Kabupaten Palas dengan kabupaten Madina.

Sedangkan segmen batas antar kecamatan, tambahnya, ada sebanyak 23 segmen batas. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat, kerja keras dan pendanaan yang besar serta sinergi dari berbagai pihak dalam mempercepat peningkatan penegasan batas dari keseluruhan segmen batas yang ada di Kabupaten Palas, pintanya

Sementara itu, Kabag Tapem Palas Harjusli Fahri Siregar, S.STP, M. Si mengatakan, “Penegasan batas kita sebagai masyarakat hukum harus memiliki perspektif yang sama dan pemahaman bagaimana tahapan-tahapan yang harus kita laksanakan dalam penegasan batas tersebut, seperti disebutkan dalam Pasal 3 Permendagri nomor 76 tahun 2012 tentang pedoman penegasan batas daerah,” ujarnya.

Sebutnya, penegasan batas daerah berpedoman pada batas daerah yang ditetapkan dalam undang-undang pembentukan daerah, peraturan perundang-undangan dan dokumen lain yang mempunyai kekuatan hukum. “Selain itu di dalam penegasan batas kita juga harus melibatkan tim penegasan batas daerah agar tidak terjadi kesalahan informasi batas,” katanya.

Karena itu, tambahnya, untuk mengubah permendagri batas yang sudah ada sangatlah susah. Sebagamana disebutkan dalam pasal 48 ayat 2 UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa perubahan batas wilayah daerah harus ditetapkan dengan undang-undang,” tegasnya.

“Untuk mewujudkan tertib batas administrasi pemerintahan yang ada di Kabupaten Palas dan tidak menghilangkan hak keperdataan dari masyarakat itu sendiri. Karena permasalahan yang muncul dan berkembang di masyarakat kita selama ini masih mengartikan, bahwa dengan ditegaskannya batas wilayah maka itulah hak wilayah mereka,” tambahnya.

Turut sebagai narasumber kegiatan itu dari Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Mendagri, Siti Meterianda dan Kepala Bagian Peningkatakan Wilayah Sekdaprovsu Drs. Aswin Lubis

Categorised in:

No comment for Pemkab Palas Sosialisasikan Tapal Batas Dengan 3 Kabupaten

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *