Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » PEMKAB PALAS AKAN SIAPKAN SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA

PEMKAB PALAS AKAN SIAPKAN SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA

(237 Views) Februari 3, 2017 8:01 pm | Published by | No comment

BPBD Yes
PALAS-Mengingat tingginya tingkat kejadian bencana alam di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), seperti banjir, tanah longsor dan kejadian bencana alam secara umumnya, Pemkab Palas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas, dalam waktu dekat akan mempersiapkan satuan tugas penanggulangan bencana (Satgas PB).
Hal ini disampaikan Kepala BPBD Palas, Hamka melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Ali Aceh, kepada wartawan, Jumat (3/2). “Saat ini, kita sudah siapkan tim atau Satgas Penanggulangan Bencana, yang 24 jam siap menerima pengaduan ataupun informasi terjadinya bencana di daerah Palas,” sebutnya.
Saat ini, lanjut Ali Aceh, selaku Kordinator Satgas PB, pada musim penghujan seperti sekarang, potensi bencana alam yang bisa saja terjadi di daerah Palas seperti banjir akibat luapan sungai dan tanah longsor. “Untuk itu, kami terus menghimbau dan memantau warga masyarakat yang bertempat tinggal di sepanjang bantaran sungai, agar tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir,” jelas.
Secara umum, lanjutnya, sesuai hasil peninjauannya ke beberapa lokasi banjir akibat luapan Sungai Sosa dan Sungai Barumun, baru-baru ini, selain aliran sungai yang mengalami pendangkalan, juga belum terbangunnya secara utuh bentengatau tanggul penahan air di bantaran aliran sungai yang pada penduduk.
“Hasil pantauan kami di lokasi banjir di pinggiran aliran Sungai Sosa dan Sungai Barumun, luapan air sungai saat banjir terjadi, setidaknya tinggi air yang merendam rumah warga mencapai 50 sampai 70 sentimeter. Di lokasi perkebunan sawit, kita lihat tinggi air hingga mencapai 1 meter,” ungkapnya
Untuk menanggulangi dan mengantisipasi agar tidak terjadi banjir, terangnya, selain harus dilakukan normalisasi di sepanjang aliran sungai yang mengalami pendangkalan. “Juga harus dibangun benteng atau tanggul penahan air sepanjang 500 hingga 700 meter, dengan ketinggian tanggul minimal 2 meter di atas permukaan air sungai, pada saat debit air sungai normal,” pungkasnya.
Sebelum kegiatan normalisasi sungai dan pembangunan benteng atau tanggul penahan air sungai dibuat, tambahnya, tentu upaya yang bisa dilakukan pihaknya adalah terus memantau debit air sungai dan intensitas curah hujan, serta menghimbau warga masyarakat di sekitar aliran sungai.
“Bila sewaktu-waktu bencana alam terjadi, masyarakat bisa menghubungi Tim Satgas PB BPBD Palas di nomor HP 081293559022,np yang siap turun ke lokasi bencana 24 jam,” tutupnya (Maulana Syafii)

Categorised in:

No comment for PEMKAB PALAS AKAN SIAPKAN SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *