Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » PEMEKARAN KECAMATAN TAMBUSAI UTARA BELUM PENUHI SYARAT

PEMEKARAN KECAMATAN TAMBUSAI UTARA BELUM PENUHI SYARAT

(364 Views) Desember 24, 2016 8:06 pm | Published by | No comment

Jpeg
ROKAN HULU-Rencana pemekaran Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) jadi dua kecamatan secara tekhnis, sudah layak dilakukan. Tapi secara adminsitrasi dan kewilyahan dinilai belum memenuhi syarat.
Ekspose hasil kajian pemekaran Kecamatan Tambusai Utara digelar di ruang pertemuan Kantor Bupati Rohul Pasir Pengaraian, dipimpin Kepala Bagian Tata pemerintahan (Tapem) Setda Rohul M Zaki, hadir Kadis Kehutanan dan perkebunan (Dishutbun) Rohul Sri Hardono, Kepala BLH Rohul M Irpan, Kapolres Rohul AKBP Yusuf Rahmanto, Pj dan kepala desa se Kecamatan Tambusai Utara dan lainnya.
Ketua tim kajian pemekaran wilayah kecamatan Tambusai Utara Sujianto, Jumat (23/12) menjelaskan, berdasarkan kajian independen Tambusai Utara telah menyimpulkan pemekaran Kecamatan Tambusai Utara menjadi dua Kecamatan belum memenuhi syarat.
“Berdasarkan kajian Teoritis, normatif dan praktis, dapat disimpulkan, secara tekhnis bisa dimekarkan, tetapi secara adminsitratif dan kewilayahan belum dapat memenuhi syarat,” tuturnya.
Lanjutnya, dari batas usia pemerintahan, kecamatan Tambusai utara sudah layak dimekarkan, karena sudah lebih berusia 5 tahun. Namun kendalanya dalam upaya pemekaran kecamatan ini yaitu, masih banyak desa di daerah ini yang usia penyelenggaraan pemerintahannya yang belum mencapai 5 tahun.
Berdasarkan hasil survey, Kecamatan tambusai utara saat ini baru memiliki 11 desa defenitif berusia 5 tahun dan 8 desa pra persiapan, yang belum menjalankan kegiatan pemerintahan selama 5 tahun. 8 desa persiapan tersebut masing-masing Desa mahato suka jaya, mahato bandar selamat, mahato timur, mahato kanan, mahato hulu, mahato riau makmur, mahato suka maju dan mahato kiri.
“Syarat pemekaran kecamatan itu, harus terdiri ada 10 desa yang menjadi cakupannya, untuk itu kita merekomendasikan pemerintah daerah agar segera meningkatkan status 8 desa pra persiapan menjadi desa persiapan untuk kemudian didefenitifkan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Tapem M Zaki SSTP memaparkan akan segera menyerahkan rekemondeasi kajian tim ini ke Badan Pemeberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) selaku instnsi terkait untuk segera melakukan perbaikan administrasi.
Zaki juga memastikan pemekaran Kecamatan Tambusai Utara menjadi satu kecamatan baru yaitu Kecmatan Mahato masih memerlukan proses panjang. Jika merujuk pada aturan dan syarat pemekaran wilayah kecamatan, setidaknya pemekarannya baru bisa terealisasi dalam waktu 3 sampai 5 tahun mendatang.
“Jadi tidak benar pemerintah memperlambat prosesnya, secara teknis, jumlah penduduk, sarana ekonomi sudah layak, tapi secara administrasi dan batas-batas wilayah harus ditetapkan dulu, sehingga pemekaran ini tidak menimbulkan masalah nantinya,” ujarnya. (ms)

Categorised in:

No comment for PEMEKARAN KECAMATAN TAMBUSAI UTARA BELUM PENUHI SYARAT

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *