Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » PEMBAHASAN KUA DAN PPAS 2017 SEMPAT DITUNDA

PEMBAHASAN KUA DAN PPAS 2017 SEMPAT DITUNDA

(328 Views) Desember 14, 2016 7:01 pm | Published by | No comment

ROKAN HULU-Mesti sempat ditundanya Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran tahun 2017 di tingkat Komisi DPRD Rohul, yang sebelumnya telah dijadwalkan Badan Musyawarah DPRD Rohul, Rabu (14/12) pagi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama SKPD terkait.
Penyebabnya, tidak adanya pejabat yang bertanggungjawab atau dikukuhkan pemerintah daerah, dalam melakukan pembahasan terhadap program kegiatan yang diusulkan pada tahun 2017, seriring dengan diterapkannya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.
Namun, Rabu petang sekitar pukul 14.30 Wib, pembahasan KUA dan PPAS tahun 2017 tetap dilaksanakan oleh sejumlah Komisi di DPRD Rohul. Mengingat siangnya, pemerintah daerah telah menerbitkan Peraturan Bupati Rohul terhadap pejabat yang bertanggungjawab dalam pembahasan program kegiatan yang diusulkan dimasing masing OPD baru tahun 2017.
Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri menjelaskan, penundaan pembahasan KUA dan PPAS tahun 2017 Komisi di DPRD Rohul, dikarenakan belum dikukuhkan atau ditunjuknya pejabat yang bertanggungjawab di OPD Rohul yang telah diperdakan itu. “Penundaan pembahasan KUA-PPAS tahun 2017 oleh Komisi di DPRD, karena adanya keraguan penanggungjawab didalam pembahasan KUA dan PPAS, sebab Pemkab Rohul belum mengukuhkan atau menunjuk dan melantikan pejabat di OPD baru sebagai penanggung jawab didalam pembahasan KUA dan PPAS 2017,” sebutnya.
Adanya keraguan dari Komisi di DPRD Rohul tersebut, menurut Politisi Partai Demokrat itu, pimpinan DPRD Rohul melakukan koordinasi kepada pemerintah daerah, untuk melakukan pertemuan guna membahahas penanggungjawab pembahasan KUA dan PPAS dalam penerapan OPD baru. “Dalam OPD baru telah terjadi banyak pergeseran SOTK lama dengan yang baru sesuai dengan perda OPD yang telah ditetapkan. Rencananya siang (Rabu,red), kita mengundang pemerintah daerah untuk membicarakan penanggungjawab dalam pembahasan KUA dan PPAS. Tapi menjelang dimulai pertemuan itu, kita menerima Perbup tentang pejabat yang ditunjuk dan bertanggungjawab di 27 jumlah OPD baru dalam pembahasan KUA dan PPAS 2017 di DPRD Rohul,” ujarnya.
Penunjukan pejabat OPD baru yang bertanggungjawab dalam mengikuti pembahasan KUA dan PPAS 2017, lanjut Kelmi, pembahasan KUA dan PPAS tahun 2017 petang ini baru dimulai oleh sejumlah komisi di DPRD Rohul “Sebenarnya Komisi I, II, III dan IV DPRD Rohul paginya akan membahas KUA dan PPAS 2017. Tapi itu tadi (keraguan pejabat yang bertanggungjawab dalam pembahasan). Akhirnya ditunda. Siangnya, DPRD terima Perbub tentang pejabat penanggungjawab pembahasan KUA dan PPAS 2017 dimasing-masing OPD oleh pemerintah daerah. Sekarang dua komisi yang sedang membahas yakni Komisi II dan Komisi III, sedangkan Komisi I dan Komisi IV besok (kamis, red) mulai pembahasan,” terang Kelmi.
Dicontohkannya, didalam OPD baru seperti Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset serta Badan Pendapatan Daerah Rohul, untuk dua OPD itu, di dalam Perbubnya, pejabat yang bertanggungjawab dalam pembahasan KUA dan PPAS maupun RAPBD Rohul 2017 yakni Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Rohul Jaharuddin SP MM (SOTK) lama.
Kelmi menegaskan, pembahasan KUA dan PPAS tahun 2017 Banggar DPRD Rohul tidak bisa menargetkan, kapan tuntasnya pembahasan KUA dan PPAS 2017, karena setelah pembahasan ditingkat Komisi, dilanjutkan pembahasan KUA dan PPAS 2017 ditingkat Banggar DPRD Rohul. “Pelaksanaan pembahasan KUA-PPAS 2017 memerlukan waktu yang panjang. Tapi DPRD tetap optimis pembahasan ini dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin dan diupayakan pembahasan KUA PPAS APBD tahun 2017 ini selesai tepat waktu,” tuturnya
Disinggung sanksi administrasi atas keterlambatan DPRD dalam pengesahan APBD tahun 2017, Kelmi mengaku, untuk pengesahan APBD Rohul 2017 terutama daerah yang menerapkan OPD baru, sanksi itu berlum diberlakukan, karena ada dispensi terkait penyusunan OPD baru. (ep)

Categorised in:

No comment for PEMBAHASAN KUA DAN PPAS 2017 SEMPAT DITUNDA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *