Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIDIK » Pelantikan Bupati Rohul, Achmad Jangan Timbulkan Asumsi Menyesatkan dan Fitnah

Pelantikan Bupati Rohul, Achmad Jangan Timbulkan Asumsi Menyesatkan dan Fitnah

(1034 Views) Februari 24, 2016 11:38 pm | Published by | No comment

ROHUL-Bupati Rokan Hulu (Rohul) Achmad berbeda argumen dengan Bupati Rohul terpilih Suparman, terkait  jadwal pelantikan Bupati Rohul terpilih.

Achmad menyebut, pelantikan bupati terpilih bakal digelar 28 Juni 2016, sementara Suparman menyebut pelantikan Kemungkinan digelar 12 Maret 2016.

pereman ok
Informasinya, Bupati Rohul terpilih Suparman mengaku sudah menerima SK Mendagri kemungkinan pelantikan bakal digelar pada 12 Maret 2016mendatang. “SK pengangkatan sudah ada, tinggal menunggu jadwal. Kemungkinan pelantikan 12 Maret mendatang atau satu bulan sebelum masa jabatan Bupati Rohul (Achmad, red) saat ini berakhir,” kata Suparman, Jumat (19/02).

Berbeda dari pernyataan,  Bupati Rohul Achmad yang dikonfirmasi, Rabu (24/2), mengajak semua pihak untuk tidak mengeluarkan asumsi ke publik  tanpa didasari landasan yang jelas dari pengambil kebijakan resmi, yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Menurutnya, pelantikan Bupati Rohul tidak mungkin dilakukan pada Tanggal  12 maret 2016, mengingat masa baktinya sebagai Bupati Rohul baru akan berakir pada 19 april 2016. Sementara sesuai Undang-Undang, masa Jabatan Kepala Daerah itu 5 tahun tidak boleh vakum,  dimundurkan satu hari ataupun dimajukan satu hari.

”Tidak mungkin dilantik 12 Maret, karena jabatan Bupati Rohul itu baru  habis 19 April 2016, nah logikanya, jika dilantik tanggal 12 Maret maka Rohul akan memiliki dua bupati, karena pada prinsipnya, jika sudah dilantik maka jabatan kepala daerah itu langsung melekat,  nah ini kan tidak mungkin, pada tanggal 12 Maret itu Rohul ada dua bupati yang satu SK nya 12 maret dan yang satu lagi 19 april, kan tidak mungkin,” jelas Achmad.

Terkait hal ini, Achmad mengaku juga sudah berkonsultasi dengan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementrian Dalam Negeri, katanya Menurut Dirjen Otda,  pelatantikan Bupati Rohul terpilih, bakal digelar  akhir Juni  atau sekitar Tanggal  28 Juni 2016. Pelantikan Bupati  Rohul akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Bupati  Pelalawan, Kuansing, Siak dan Rokan Hilir.

“Nanti, antara tenggang waktu 19 April 2016 pada saat masa jabatan saya berakir, hingga menunggu jadwal pelantikan bupati terpilih, untuk mengisi kekosongan, Rohul sementara waktu  dipimpin Pelaksana Harian (PLH) dalam hal ini Sekertaris Daerah,” tuturnya.

Achmad berharap dengan penjelasanya ini, tidak ada lagi asumsi-asumsi yang berkembang terkait jadwal pelantikan buati terpilih  tanpa ada dasar dari sumber  yang jelas, sehingga tidak menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat serta menimbulkan fitnah.

Achmad juga  meminta, semua pihak untuk bersabar dan menunggu proses pelantikan bupati terpilih, karena cepat atau lambat bupati terpilih tetap akan dilantik. ” Ibarat pengantin tinggal ijab qabulnya saja, ikuti saja  prosesnya ini seperti air mengalir,” terangnya.

Harus dipahami masyarakat sekarang lanjutnya lagi, bagaimana pelantikan bupati terpilih nanti,  berlangsung elegan, tidak bertentangan dengan undang-undang dan yang terpenting berpindah secara aman, damai dan penuh rasa kebersamaan. ” Untuk itu saya himbau, pihak-pihak yang menyebar informasi pelantikan Bupati Rohul 12 Maret 2015 hentikankanlah,  karena ini sudah membingungkan masyarakat Rohul, kita ingin pergantian pemerintahan ini berlangsung  aman damai  penuh kebersamaan, jadi jangan buat pergerakan yang tidak perlu,” tutup Achmad

Categorised in:

No comment for Pelantikan Bupati Rohul, Achmad Jangan Timbulkan Asumsi Menyesatkan dan Fitnah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *