Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Pasokan Lancar, Harga Sawit di Palas Rp. 1.340/Kg

Pasokan Lancar, Harga Sawit di Palas Rp. 1.340/Kg

(979 Views) Juli 13, 2016 4:16 pm | Published by | No comment

PALAS-Sepekan pasca perayaan lebaran idul fitri 1437 hijriyah, sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang tersebar di daerah Kabupaten Palas sudah kembali beroperasi, sejak Hari Senin (11/7) kemarin. Pasokan tandan buah segar (TBS) sawit dari petani maupun dari suplier cenderung lancar, tapi di beberapa PKS sempat terjadi antrian panjang truck angkut TBS sawit yang akan masuk ke PKS.

IMG_20160713_162010Pantauan, Rabu (13/7) di sejumlah PKS yang ada di Kecamatan Sosa dan Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), seperti pada PMKS PT. KAS Sosa, kondisi truck angkut TBS padat dan lancar, tidak terlihat antrian truck di PKS milik perusahan swasta itu. Sedangkan harga papan TBS sawit di PKS itu, buah sawit besar dihargai Rp. 1.240/Kg dan buah sedang sebesar Rp. 1.040/Kg.

Kondisi serupa itu, juga terlihat di lokasi PKS PTPN4 Sosa, tidak ada antrian truck angkut sawit di PKS milik perusahaan BUMN tersebut. Informasi berhasil dihimpun, pada Hari Senin (11/7), sebanyak 30-unit truck angkut TBS yang masuk. Hari Selasa (12/7) sebanyak 50-an truck.

“Pada hari ini (Rabu (13/7-red), sampai sekitar pukul 12.00 wib, sudah sebanyak 35 truck angkut TBS yang masuk. Kemungkinan sampai sore nanti, masih ada lagi truck yang akan masuk. Untuk harga TBS sawit, buah sawit super seharga Rp. 1.240/Kg dan sawit besar seharga Rp. 1.220/Kg,” sebut sumber.

Sedangkan kondisi di PKS PT. MSB Aek Tinga sungguh berbeda, di lokasi PKS ini terlihat ratusan unit truck angkut TBS yang antri, hingga terjadi antrian truck yang berlapis, hingga lima lapis truck di depan pintu masuk PKS tersebut.

Manager PKS PT. MSB Zulfianur, melalui KTU-nya Leonardi Simatupang, Rabu (13/7) menyebutkan, sebenarnya sejak Hari Senin dan Selasa (1-2/7) minggu lalu sebelum lebaran idul fitri, pasokan TBS ke PKS ini tetap stabil dan tetap terpenuhi target kapasitas olah di PKS tersebut.

“Memang, minggu lalu sebelum lebaran target olah TBS di PKS terus tercapai. Apalagi saat ini, sudah sekitar 9 hari libur, tentu pasokan TBS sawit kita sudah tersedia stoknya dari petani maupun dari pihak suplier kita,” ungkap Leo.

Dikatakannya, pada Hari Senin (11/7), jumlah TBS sawit yang masuk sebanyak 1.270 ton dan pada Hari Selasa (12/7) sebanyak 780 ton. “Pasokan TBS sawit hari Senin ity, memang menumpuk dan sudah over kapasitas dari target olah TBS sawit di PKS kita ini, yaitu sebanyak 45 ton/jam,” jelasnya.

Dilanjutkan Leonardi, memang pasokan TBS sawit di PKS ini semata-mata mengandalkan produksi sawit dari masyarakat petani sawit sekitar perusahaan dan sejumlah pemasok. “Perusahaan berharap kepada masyarakat agar menjaga kualitas panen buah sawit, sehingga mutu rendemen tetap terjaga dan harga bsa terus kompetitif, sehingga secara ekonomina, dapat menguntungkan masyarakat dan perusahaan,” jelasnya.

Sesuai data dari Danru Security PKS PT. SMB, E. Siagian, pada Hari Senin (11/7) sebanyak 180 unit truck TBS yang masuk ke PKS. Hari (12/7), ada sebanyak 115 unit truck dan Hari Rabu (13/7) hingga pukul 11.00 wib, sudah sebanyak 100 unit truck. Untuk harga papan TBS di PKS PT. MSB, buah super sebesar Rp.1.340/Kg dan buah besar sebesar Rp. 1.300/Kg.

Satu pemasok TBS sawit ke PKS PT. MSB, Wanda, warga Desa Pir Trans 1B, Kecamatan Huragi menyatakan, dirinya sudah menjaga pemasok TBS sawit atau pelanggan pada PT. MSB Aek Tinga, sejak awal pertama dibukanya PKS itu.

“Selain harga jual buah sawit di PKS ini sangat kompetitif, sistem antrian truck sawitnya juga sportif, sesuai urutan trucknya, tidak ada yang dahulu mendahului. Selain itu, sistem pembayarannya juga langsung tunai, sehingga sangat membantu ekonomi kami, sebagai masyarakat petani sawit,” pungkasnya.

Categorised in:

No comment for Pasokan Lancar, Harga Sawit di Palas Rp. 1.340/Kg

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *