Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Mendes Targetkan Bulan Mei Seluruh Dana Desa Terralisasi

Mendes Targetkan Bulan Mei Seluruh Dana Desa Terralisasi

(439 Views) April 29, 2016 6:38 pm | Published by | No comment

JAKARTA- Tim Jelajah Desa Nusantara (JDN) 2016 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Jumat (29/4) melakukan sosialisasi dana desa ke Desa Nupabomba, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

IMG_20160429_183847
Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT Suprayoga Hadi mengatakan, JDN dimaksudkan untuk sosialisasi pemasyarakatan. Tahun 2016 ini, kata Hadi, dana desa mengalami perbaikan dari regulasi dalam penyaluran. Tahun 2015, dana desa disalurkan melalui tiga tahapan yakni 40 persen, 40 persen dan 20 persen. Sedangkan tahun ini hanya dua tahap yaitu, 60 persen dan 20 persen.

“Dana desa mengalami beberapa perbaikan dari regulasi dalam penyalurannya tidak lagi 3 tahapan tapi tahun 2016 hanya 2 kali tahapan,” kata Prayoga di Nupabomba, Donggala, Sulteng, Jumat (29/4)

Namun, tahapan ini harus disesuaikan dengan peraturan bupati (Perbup). Menurutnya, dari 434 kabupaten hanya 174 yang sudah menyesuaikan Perbup tersebut. Kemendes menargetkan, pertengahan Mei dana desa sudah tersalurkan ke semua desa.

“Paling lambat pertengahan Mei sudah tersalurkan semua,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Donggala Aidil Nur mengatakan, tahun anggaran 2015, Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Donggala sebesar Rp 63 miliar lebih. Sedangkan untuk tahun 2016, ADD senilai Rp 69 miliar lebih.

“Yang akan digunakan pembangunan sarana dan prasaran, pendidikan,” ujar Aidil.

Dia berharap para kepala desa dapat menggunakan dana desa dengan baik.

Dalam kesempatan ini, Suprayoga juga memberikan bantuan secara simbolis kapal barang dan kapal penumpang tahun 2015, kepada Sekda Kabupaten Donggala.

Categorised in:

No comment for Mendes Targetkan Bulan Mei Seluruh Dana Desa Terralisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *