Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Massa AMPP Desak PTPN4 Sosa Realisasikan Dana CSR

Massa AMPP Desak PTPN4 Sosa Realisasikan Dana CSR

(833 Views) April 22, 2016 7:29 pm | Published by | No comment

Belasan orang mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemuda Palas (AMPP) Kabupaten Palas berunjuk rasa ke Kantor Emplasmen PTPN4 Unit Usaha Sosa, mereka menuntut agar perusahaan BUMN ini segera membayarkan dana Coorporate Sosiality and Responbility (CSR) kepada masyarakat 13 desa di Kecamatan Sosa, Jumat (22/4).

wek
Aksi massa dimulai dengan penyampaian aspirasi oleh Ketua AMPP Palas Tondi Sarasi Lubis, Kordinator Aksi Kahar Siregar dan sejumlah mahasiswa dan pemuda lainnya di depan pos security emplasmen PTPN4 Sosa. Sedikitnya 2 pleton personil dalmas dari Polres Tapsel, Polsek Barumun dan Polsek Sosa, bersama sejumlah personil TNI dari Koramil 09 Sosa dan puluhan personil security PTPN4 Sosa turut mengamankan aksi massa itu.
Di hadapan Kabag Ops Polres Tapsel Kompol JW. Sijabat, SH dan sejumlah karyawan pimpinan PTPN4 Sosa, massa aksi menyampaikan tuntutan mereka, antara lain, meminta kepada manajemen PTPN4 Sosa agar segera merealisasikan CSR sesuai dengan MoU antara perusahaan dengan masyarakat 13 desa.
“Meminta Dinas Kehutanan agar melakukan pengukuran ulang atas luas lahan PTPN4 Sosa sesuai dengan HGU. Usut persoalan limbah PKS PTPN4 Sosa yang diduga telah mencemari aliran Sungai Sosa. Kami meminta pihak perusahaan agar memberikan kesempatan bekerja bagi putra daerah untuk berkarir di PTPN4 Sosa,” desak massa aksi.
Setelah menyampaikan orasi dan tuntutannya, selanjutnya massa aksi difasilitasi oleh Kabag Ops Polres Tapsel, setelah berkordinasi dengan Perwira Pengamanan (Papam) dan karyawan PTPN4 Sosa, agar manajemen PTPN4 Sosa menerima perwakilan pengunjuk rasa, untuk langsung mendapat tanggapan dari pihak manajemen perusahaan.
Bertempat di ruang rapat manajer PTPN4 Sosa, perwakilan massa aksi diterima oleh Manajer PTPN4 Sosa, Ir. Marthias M didampingi dua Aska perusahaan, masing-masing, M. Najib Lubis, SE dan Irwansyah Nasution, bersama Ketua SP Bun PTPN4 Sosa, Umarsyah Parlindungan, disaksikan oleh sejumlah perwira polisi yang mengamankan jalannya pertemuan itu.
Kepada perwakilan massa aksi, Ir. Marthias M didampingi M. Najib Lubis, SE menyatakan, bahwa pihak perusahaan sudah memiliki itikad baik untuk membayarkan dana CSR kepada masyarakat 13 desa senilai Rp. 24 miliar yang disalurkan dalam beberapa tahapan pembayaran, tahapan pembayaran terakhir hingga tahun 2018.
“Tahap pertama sudah dibayarkan manajemen kepada masyarakat 13 desa pada tahun 2015 lalu dalam bentuk uang tunai, jumlahnya sebesar Rp. 2,5 miliar, bukan sebesar Rp. 3 miliar. Penyaluran dana itu atas dasar kebijakan manajemen dengan menggunakan dana talangan, bukan dana perusahaan,” jelasnya.
“Mengingat saat itu kondisi masyarakat 13 desa tidak kondusif, karena sempat menggelar aksi di jalan raya sampai membakar ban dan manajemen mendapat desakan dari pemerintah daerah, makanya dipakai dana talangan untuk membayarkannya, belum ada dikeluarkan dana perusahaan pada pembayaran CSR tahap pertama itu,” terangnya.
“Soal pembayaran dana CSR tahap kedua ini, pihak perusahaan juga sudah mendapat desakan dari pihak Kecamatan Sosa. Sebenarnya, dana CSR tahap kedua sebesar Rp. 7 miliar, sudah mendapat persetujuan dari kantor pusat untuk dibayarkan kepada masyarakat, tinggal menunggu hasil kajian dari BPKP perwakilan Sumut,” paparnya.
Mengingat, lanjutnya, kajian BPKP tersebut terkait soal perubahan pembayaran dana CSR dalam bentuk uang tunai ke bentuk fisik yaitu bantuan ternak sapi. “Untuk itu, kami akan mendesak Pemkab Palas untuk bersama-sama mendorong BPKP untuk segera menyelesaikan kajiannya, bila kajian dari BPKP sudah selesai, maka kita akan segera bayarkan dana CSR tahap kedua kepada masyarakat 13 desa,” pungkasnya.
Terkait tuntutan massa aksi agar putra daerah di sini diberi kesempatan bekerja di perusahaan BUMN itu, sebenarnya manajemen PTPN4 Sosa sudah pernah mengusulkan sebanyak 34 orang putra daerah dari 17 desa untuk dimasukkan bekerja. “Namun, ketentuan mengenai penerimaan tenaga kerja itu, kewenangannya ada pada lembaga tersendiri yang melakukan rekrutmen tenaga kerja,” terangnya.

Categorised in:

No comment for Massa AMPP Desak PTPN4 Sosa Realisasikan Dana CSR

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *