Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Legislator Fasilitasi Pertemuan Himpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi Dengan Pemerintah

Legislator Fasilitasi Pertemuan Himpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi Dengan Pemerintah

(57 Views) Juni 19, 2020 11:22 am | Published by | No comment

1592539901175Bukittinggi-Anggota DPRD Kota Bukittinggi menerima himpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi, di ruang sidang utama Gedung DPRD Bukittinggi, Rabu  (17/6/2020), dipimpin Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Nur Hasra.
Dalam rapat tersebut, DPRD memfasilitasi pertemuan Himpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi dengan Pemerintah Kota Bukittinggi, terkait surat dari pengurus Perhimpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasa Ateh tentang rencana Pemko akan meresmikan dan melakukan lotting penempatan pedagang atau pemilik toko yang lama. Hal ini sesuai yang diamanatkan dalam Perpres Nomor 64 tahun 2018 pasal 7.
Ketua Perhimpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasar Atas, Yulius Rustam, menjelaskan, pihaknya menyambut baik dan sangat mendukung atas rencana pemakaian pertokoan Pasa Ateh. Dengan demikian, diharapkan ekonomi masyarakat khususnya para pedagang Pasa Ateh dapat kembali berjalan baik dan lancar.
“Kami meminta sebelum lotting penempatan para pedagang dan pertokoan tersebut terdiri dari beberapa lantai, kiranya perlu duduk bersama antara pemko atau instansi dan lembaga terkait dengan pedagang melalui perwakilan Perhimpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi. Duduk bersama atau pertemuan tersebut untuk membahas segala sesuatunya secara baik demokrasi dan transparan,” ungkapnya Yuliyus Rustam.
Menurut Yulius Rustam, pihaknya berharap DPRD dapat mewakili masyarakat dan mencari suatu yang terbaik terutama untuk pedagang. Pedagang setuju bangunan baru Pasa Ateh namun perlu duduk bersama dulu sebelum lotting.
“Kita harus memikirkan bagaimana pasar bisa hidup dan berharap ke DPRD berfikir untuk Kota Bukittinggi. Jadi, keputusan harus melalui musyawarah atau mufakat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Nur Hasra dalam rapat itu menyampaikan, DPRD sebagai fasilitator dan berupaya mencari titik temu dari persoalan ini.
“Kita berharap persoalan ini jangan berlama-lama. Kita juga mengapresiasi Pemko ingin kembali membuka pasar karena kondisi ekonomi sulit saat ini,” katanya.

“Apalagi, di tengah pandemi wabah covid-19. Karena itu, DPRD minta Pemko gelar pertemuan bersama pedagang nantinya dan bisa saja usai peresmian Pasa Ateh,” lanjutnya.

“Pemko dan pedagang dapat bermusyawarah termasuk untuk penempatan pedagang.DPRD minta Pemko negosiasi dengan pedagang, ” ungkap Nur Hasra diamini Wakil Ketua DPRD Rusdy Nurman SH.
Nur Hasra menambahkan, DPRD meminta permasalahan ini jangan berlama- lama. Apalagi bangunan Pasa Ateh ini sangat representatif. DPRD ingin Pasa Ateh cepat beroperasi atau ditempati pedagang, agar ekonomi kembali menggeliat.
Sementara itu, Anggota DPRD Dedi Fatria menyarankan agar satu tahun pertama Pasa Ateh baru ini, pedagang diberikan kelonggaran.
“Kita harus lihat dulu kondisi jual beli pedagang. Jangan diberikan sewa per tahun, itu usul kami,” kata Dedi.

Pemko Bukittinggi diwakili Plt Asisten II Setdako, Muhammad Idris, yang juga Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan mengatakan, kartu izin pemakaian dari awal bukan hak milik dan diberi hak sewa.

“Jadi, toko tidak boleh disewakan dan dibalik namakan. Kartu izin memakai adalah sewa dan tidak bisa dijadikan kjaminan,” lanjutnya.

Sementara, Kepala Badan Keuangan Herriman menambahkan, dalam Perpres Pasal 6, pemerintah pusat serahkan ke Pemko dan di pasal selanjutnya, pemko wajib berikan manfaat kepada pedagang korban kebakaran Pasa Ateh.
“Pemko juga tetapkan harga. Pasa Ateh nantinya bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada pedagang. Pusat merekomendasikan peresmian, serahkan aset lalu kesepakatan dengan Pemko Bukittinggi,” jelas Herriman.

Rapat juga dihadiri sejumlah anggota DPRD, Kabag Hukum, sejumlah  pedagang dan lainnya.

(zasmir/zlk)

Categorised in: , ,

No comment for Legislator Fasilitasi Pertemuan Himpunan Pemilik Toko Korban Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi Dengan Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *