Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Koramil 14/Kepenuhan Kodim 0313/Kpr Menjadi Narasumber Sosialisasi Karhutla

Koramil 14/Kepenuhan Kodim 0313/Kpr Menjadi Narasumber Sosialisasi Karhutla

(110 Views) Desember 23, 2019 3:15 pm | Published by | No comment

IMG-20191223-WA0163 IMG-20191223-WA0165

Kepenuhan — Komandan Koramil 14/Kepenuhan Kapten Inf HP. Barus di wakili Serma Zulkifli menjadi Narasumber dalam Acara Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Pengendalian Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Serta Dampak Hukumnya tingkat Kecamatan Tahun 2019 di Aula Gedung Pertemuan Kel Kepenuhan Tengah Kec Kepenuhan Kab Rohul. Senin (23/12/2019)

Kegiatan tersebut ditujukan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman dini tentang kebakaran hutan dan lahan kepada Masyarakat.

Serma Zulkifli dalam pemaparannya menyampaikan bahwa pemerintah telah mencanangkan tekadnya untuk mengendalikan kebakaran hutan.

Fakta menunjukan bahwa dalam pengendalian kebakaran hutan, upaya pencegahan kebakaran hutan / deteksi dini kebakaran hutan memegang peranan yang sangat penting, sekali hutan terbakar maka akan sangat susah memadamkannya terutama pada musim kemarau.

Beberapa dampak dari terjadinya kebakaran lahan dan hutan antara lain adalah dapat mengakibatkan berbagai kerusakan seperti rusaknya lingkungan, Terganggunya tata air, Musnahnya sumber plasma, berkurangnya keanekaragaman hayati, timbulnya erosi serta polusi udara dan yang paling fatal dapat menyebabkan penyakit bagi manusia seperti gangguan pernapasan, jelasnya.

Selanjutnya Serma Zulkifli juga menyampaikan kehadiran hutan sangat dibutuhkan keberadaannya, dan saat ini keberadaannya semakin menyempit luasnya dikarenakan berbagai sebab, salah satunya yang paling dahsyat adalah Kebakaran dimana kebakaran hutan dapat menyebabkan berkurangnya luas hutan dan berbagai efek negatif bagi kehidupan.

“Kebakaran hutan juga disebabkan oleh faktor cuaca dan juga manusia sendiri, kemarau panjang dan pembukaan hutan oleh masyarakat dengan cara dibakar,”ungkap Serma Zulkifli.

Maka dari itu Kapten Inf HP. Barus Melalaui anggota nya Serma Zulkifli menghimbau kepada semua pihak untuk secara bersama sama peduli terhadap lingkungan, dan jangan membuka lahan hutan, dengan cara dibakar, karena pelaku pembakaran hutan dan lahan terancam hukuman 10 tahun penjara dan denda sebesar 10 M, Sesuai dengan UU Nomor 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan Pasal 8 ayat 1 menyebutkan, seseorang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar, dikenakan sanksi kurungan 10 tahun dan denda maksimal Rp 10 miliar.

Categorised in: ,

No comment for Koramil 14/Kepenuhan Kodim 0313/Kpr Menjadi Narasumber Sosialisasi Karhutla

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *