Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Koramil 09 Sosa Tanam Perdana Demplot Padi Sawah

Koramil 09 Sosa Tanam Perdana Demplot Padi Sawah

(339 Views) Agustus 27, 2016 9:48 pm | Published by | No comment

PALAS-Jajaran Koramil 09 Sosa, berkordinasi dengan Muspika Sosa, Badan Penyuluh Kecamatan (BPK) Kecamatan Sosa dan jajaran Polsek Sosa, melakukan kegiatan tanam perdana padi sawah seluas 1 Ha yang berlokasi di lahan persawahan kelompok tani (Poktan) Tani Jaya, Desa Lumban Huayan, Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas, pada Senin (22/8).
IMG_20160827_214700
Didampingi Batituud Pelda Syahril, Danramil 09 Sosa, Kapten (Arh) Saleh Hasibuan, ditemui, Kamis (25/8) menyebutkan, kegiatan tanam perdana demplot padi sawah Koramil 09 Sosa ini melibatkan peran serta masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat turut serta dalam program pemerintah di bidang pangan. “Kita libatkan peran serta masyarakat sekitar, agar masyarakat mau ikut menhalankan program pemerintah bertanam padi sawah dan tanam serempak. Bila tanam serempak padi sawah bisa dilakukan, tentuhamanya jufa akan mudah ditangani,” sebut Danramil.

“Selain itu, dengan menggalakkan program bertanam padi sawah, bermaksud agar lahan persawahan milik masyarakat tidak beralih fungsi lahan, dan mengingatkan kepada masyarakat, bahwa secara ekonomi, bertanam padi sawah itu, lebih menguntungkan dari pada berkebun sawit,” tegasnya.

Untuk kegiatan demplot pertanaman perdana padi sawah, musim tanam periode bulan April-September ini, lanjutnya, pihak Koramil 09 Sosa menggunakan benih padi varietas Kartika 82-I sebanyak 35 Kg, dengan sistem tanam jajar legowo 2:1. “Selain benih padi, kita juga mengadakan satuan produksi (Saprodi-red) pada demplot padi sawah kita, yakni pupuk sebanyak 500 kilogram, yaitu pupuk SP36, TSP dan Urea. Juga, racun keong sebanyak 25 kilogram dan racun keong tok atau racun cair sebanyak 21 botol,” paparnya.

Diprediksinya, pertanaman demplot padi sawah ini akan diproduksi atau dipanen pada minggu keempat di bulan november nanti. “Hasil panennya, untuk memenuhi target serapan gabah ke Bulog Sumut. Harapannya ke depan hasil panen padi dari masyarakat akan ditampung oleh Bulog, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani kita,” katanya.

Mengingat, seperti yang selama ini dirasakan, masyarakat petani merasa bingung saat hasil panen padi melimpah, hendak dipasarkan kemana. “Mudah-mudahan dengan kita buka kerjasama dengan Bulog Sumut, ke depan masyarakat kita tidak lagi kesulitan memasarkan hasil panen padinya,” tambahnya

Categorised in:

No comment for Koramil 09 Sosa Tanam Perdana Demplot Padi Sawah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *