Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Kopda Dedy Nofery Samosir Bantu Petani Rimbo Hapar

Kopda Dedy Nofery Samosir Bantu Petani Rimbo Hapar

(336 Views) Mei 8, 2016 10:53 pm | Published by | No comment

ROKAN HULU-Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313 Kampar  Kopda Dedy Nofery Samosir langsung turun ke sawah membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di lahan petani Rimbo Hapar Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Minggu (8/5) sore.

IMG_20160508_225814
Kopda Dedy Nofery menjelaskan gulma merupakan salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Terangnya, gulma juga dapat menurunkan hasil panen, karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.

“Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang bagi hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit,” imbuhnya.

Sebutnya, adanya kegiatan tersebut yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Kedepan diharapkan tanaman padi akan tumbuh subur dan hasil panen padi maksimal.

Masih di tempat sama yang salah seorang Petani Desa Suka Maju Kelompok Tani Rimbo Hapar, Nahar, merasa senang dengan turunnya Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mensukseskan kegiatan pemerintah.

“Kami merasa senang lah dengan kehadiran bapak TNI, karena bapak TNI dapat dan mau turun langsung ke lokasi sawah petani,” uangkapnya.

Tambah, Nahar, semoga dengan adanya TNI khususnya Babinsa di Desa Suka Maju ini mudah-mudahan hasil panen pertanian kedepan mendapatkan hasil yang melimpah. “Kami sangat berharap kalau dapat tahun ini pendapatan kami bisa bertambah,” tukasnya.

Categorised in:

No comment for Kopda Dedy Nofery Samosir Bantu Petani Rimbo Hapar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *