Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIROKRASI » Komit Dalam Pelayanan Kesehatan Sejak 8 Tahun Mayarakat Rohul Bebas Polio

Komit Dalam Pelayanan Kesehatan Sejak 8 Tahun Mayarakat Rohul Bebas Polio

(360 Views) Maret 23, 2016 2:42 pm | Published by | No comment

ROKAN HULU-Komit dalam pelayan kesehatan terhadap masyarakat, terbukti Rokan Hulu (Rohul), sejak tahun 2008 lalu, hingga tahun 2016 ini, Negeri Seribu Suluk bebas polio, untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Rohul drg. Grifino, kedepan akan lebih mengintenskan pelayan kesehatan khususnya pada para anak Bawah Umu Lima Tahun (Balita).

Informasi tersebut disampaikannya, di Pasir Pangaraian, Rabu (23/3), katanya, selama Delapan tahun di bawah binaan Bupati Rohul, Achmad, pelayanan kesehatan khusus kepada Balita, berlangsung dengan optimal, selain melaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara nasional, juga ada kegiaatan yang dilaksanakan secara rutin.

Lanjutnya, dalam laporan terakhir pelaksanaan PIN polio di Rohul tahun 2016, jumlah sasaran Badan Penyelenggara Sosial (BPS) sebanyak 70.361 anak, jumlah sasaranPusat Data Informasi (Pusdatin) sebanyak 77.566 anak.

“Sementara jumlah capaian kita peroleh tahun ini sebanyak 70.521 anak yakni layanan BPS 100,23 persen dan Pusdatin: 90,92 persen. Sedangkan target minimal dari Kemenkes RI hanya 95 persen, namun kita sudah sempurna sampai 100,23 persen, ini karena di Rohul tersebut ada fluktuasi pendatang atau ada Balita secara kebetulan berada di Rohul, itu kita imunisasi,” terang Kadiskes Rohul.

Sebutnya, memang dari rincian itu, pelayanan yang dilakukan ada 2 Pos PIN Imunisasi dalam satu desa, bahkan ada yang 1 desa tiga pos PIN. petugasnya selaian para Bidan Desa (Bides) juga petugas di 21 Puskesmas se Rohul, program imunisasi sacara global sudah berjalan maksimal.

“Cuma yang belum mencapai pelayanan minimal itu di Pukesmas Pendalian dan Pukesmas Rokan II, kita akui belum mencapai target minimal, sebab sasaran kita di lapangan tidak sesuai dengan data ril di lapangan, kadang bayi yang dilaporkan sebanyak 10 anak, tapi fakta yang ditemukan hanya 7 anak,” ujarnya.

Jelas, Grifino, target PIN Polia ini yakni pemberian imunisasi, untuk mencegah terjadi balita terkena lumpuh layu dinilai virus yang paling berbahaya apalagi sempat menyeang tulang punggung, itu berdampak cacat se umur hidup, penurunan kecerdasan dan lainnya. “Rohul Alhamdulillah, Rohul sudah aman polio, bahkan tidak ada balita yang cacat, tapi kalau meskipun ada yang ditemukan cacat itu akibat genetik atau yang dibawa lahir,” ungkapnya.

Jadi laporan PIN polio ini, setiap harinya dibuat laporannya. “Bahkan laporan kita mulai Tanggal 8 Maret sampai Tanggal 15 Maret 2016 lalu, ditambah tiga hari setelah waktu itu kita lakukan sweping, tiap hari hasilnya kita laporkan ke Kemenkes RI,” pungkasnya

Categorised in:

No comment for Komit Dalam Pelayanan Kesehatan Sejak 8 Tahun Mayarakat Rohul Bebas Polio

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *