Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIDIK » Kok Begitu, Kajari Rohul Perketat Sistem Pengamanan Tamu

Kok Begitu, Kajari Rohul Perketat Sistem Pengamanan Tamu

(326 Views) November 15, 2016 10:01 am | Published by | No comment

kejari-rohul
ROKAN HULU -Kejaksaan Negeri Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memperketat sistem pengamanan di kantornya. Setiap tamu atau pengunjung wajib menjalani pemeriksaan serta meninggalkan barang bawaan di loker yang telah disediakan di piket.
Kepala Kejari Rohul Syafiruddin, mengatakan sistem pengamanan di kantornya diperketat sejak akhir Oktober 2016 lalu. Menurutnya, seharusnya sudah sejak dulu diterapkan, namun terkendala dana.
Diakuinya, sistem pengamanan di kantor Kejaksaan sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu, sesuai Peraturan Jaksa Agung (Perja) Nomor 037 tahun 2011, tentang SOP Intelijen di Kejari, tanggal 23 September 2011.
“Dari dulunya, Protap nya pengamanan kantor dan persidangan dan tahanan sudah ada. Protap dan aturannya, termasuk kepada tamu di Bidang Intelijen, namun selama ini baru sebatas pengamanan dilakukan sekuriti,” jelas Syafiruddin, Senin (14/11).
Dia mendukung langkah dilakukan Kasi Intel Kejari Rohul Agus Kurniawan dalam membuat sistem pengamanan memakai alat pendukung digital, seperti CCTV, metal detector, handy talky, ID card untuk tamu, loker dan alat pendukung lain.
“Ini aturannya sudah lama, namun baru diterapkan karena biaya. Seharusnya memang semua kantor dilakukan pengamanan seperti ini, namun ada yang melakukan dan ada yang belum melakukan,” jelasnya.
“Tujuannya agar kantor lebih tertata, jadi bukan aturan sendiri,” pungkas Syafiruddin.
Sementara itu, Kasi Intel Kejari Rohul, Agus Kurniawan, mengatakan pengamanan di kantor Kejari Rohul diperketat kepada seluruh tamu karena sesuai fungsi intelijen dan diatur oleh Perja.
“Pengamanan yang dilakukan ini untuk pengamanan personil, materil atau asset, serta dokumen dan data. Dengan adanya SOP (standar operasi prosedur), tamu harus mengikutinya,” jelas Agus dan mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat atau tamu.
“Tujuan pengamanan ini juga agar kondisi kantor aman, nyaman, dan terkendali, sehingga kinerja aparatur juga meningkat,” tambah Agus dan mengakui untuk sistem pengamanan ini memakai biaya dari swadana atau swadaya.
Agus menambahkan, untuk monitor CCTV saat ini baru ada di ruang kerja Kepala Kajari dan Kasi Intel Kejari Rohul. Ke depannya, sistem pengamanan ini akan ditingkatkan, dan bisa jadi akan dipasangi pintu detektor seperti yang ada di bandara. “Kalau security manual seperti dulu tidak bisa memantau 24 jam, namun dengan memakai sistem digital ini akan lebih mudah,” pungkasnya. (dy/win)

Categorised in:

No comment for Kok Begitu, Kajari Rohul Perketat Sistem Pengamanan Tamu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *