Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » KETUA-WAKIL KETUA DPRD ROHUL DILANTIK, BEGINI HARAPAN BUPATI H SUKIMAN

KETUA-WAKIL KETUA DPRD ROHUL DILANTIK, BEGINI HARAPAN BUPATI H SUKIMAN

(146 Views) Oktober 2, 2019 7:28 pm | Published by | No comment

IMG-20191002-WA0070

ROKAN HULU-Penegasan Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman dalam paripurna  pengucapan sumpah janji pelantikan, Ketua-Wakil Ketua DPRD Rohul Priode 2019-2024, Rabu (2/10/2019), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Rohul, di Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah.

Rapat paripurna dipimpin,  Ketua DPRD Rohul Sementara Novli Wanda Ade Putra, ST, dalam SK  Gubernur Riau Drs H Syamsuar, M Si yang dibacakan Sekretaris Dewan Rohul, Drs H Budi Kasino.

SK tersebut, mementapkan Ketua-Wakil Ketua DPRD Rohul Priode 2019-2024, Ketua DPRD Rohul dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Novliwanda Ade Putra, ST,
Wakil Ketua DPRD Rohul dari Partai Amanat Nasional (PAN)   M Syahril Topan, ST  dan Wakil Ketua DPRD Rohul dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (PDI-P)  Hardi Candra.

Prosesi pelantikan, Ketua-Wakil Ketua DPRD Rohul masa bhakti 2019-2024, dipimpin Ketua PN Pasir Pangaraian, Sunoto SH MH, dipandu pembawa acara Ucok Parlaungan Siregar bersama rekan.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri Bupati Rohul H Sukiman, juga hadir Sekdakab Rohul H Abdul Haris Lubis,  Mantan Ketua DPRD Rohul, DR HC Alilius, Anggota DPRD Provinsi Riau, Kelmi Ambri, Syamsurizal, Sarpuddin Poti.

Kemudian,  hadir,  para Anggota DPRD Rohul,  Para Pimpinan OPD, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin S IP yang diwakili Pasi Ops Kodim 0313/KPR Kapten Inf Yuhardi, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK yang diwakili Kabag Ren Polres Rohul Kompol Syamsir, Kasat Binmas AKP Hermawan, Danramil 02 Rambah Kapten Inf Junaedi.

Selanjutnya,  Kajari Rohul Freddy Simanjuntak, Kalapas KLS IIB Pasir Pengaraian Lukman, Kapolsek Rambah IPTU P Simatupang, personil  TNI-Polri, Satpol PP, Puluhan wartawan, Mahasiswa  dan lainnya.

IMG-20191002-WA0066

Disampaikan,  Bupati H Sukiman dalam  pengucapan sumpah janji Ketua dan Wakil Ketua DPRD  Rohul k masa jabatan 2019-2024  pada rapat paripurna DPRD Rohul, maka lengkaplah sudah unsur penyelenggara pemerintahan daerah ini di Kabupaten Rohul.

“Selanjutnya sesuai dengan kedudukan dan fungsi DPRD yang telah diamanatkan oleh konstitusi, kami berharap jajaran DPRD Kabupaten Rohul  dapat menyelenggarakan urusan pemerintahan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Lanjutnya,  Pemkab Rohul atas nama semua yang hadir saat ini menyampaikan selamat bertugas kepada pimpinan DPRD Rohul  yang baru. “Kami yakin bapak-bapak akan mampu melaksanakan tugas yang telah digariskan oleh peraturan perundang-undangan dalam konteks otonomi daerah dewasa ini,” katanya.

H Sukiman menjelaskan, eksistensi dan kinerja DPRD Rohul  mutlak diperkuat dan diperhitungkan mengingat DPRD, selain merupakan representasi rakyat daerah, juga merupakan unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Dengan kedudukan yang demikian tentu saja diharapkan dapat memperlihatkan kinerja yang optimal di dalam melaksanakan fungsi tugas dan wewenang DPRD yang diberikan atau digariskan oleh peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Kata H Sukiman  Pemkab Rohul  sangat menyambut baik atas telah terbentuknya pimpinan definitif, sebab dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dengan pelaksanaan pembangunan daerah pimpinan DPRD adalah merupakan jembatan penghubung antara pemerintah daerah dan DPRD melalui mekanisme konsultasi.

“Hal ini selaras dengan prinsif dasar dalam hubungan kerja antara kepala daerah dan DPRD yaitu kebijakan mengenai masyarakat barang anggaran dan tata ruang, harus dibicarakan antara kepala daerah dengan DPRD sebagai wakil rakyat di dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya baik eksekutif dan legislatif merupakan perwujudan aspirasi masyarakat yang diimplementasikan dalam kegiatan pembangunan secara bertahap menyeluruh dan berkelanjutan,” urainya.

H Sukiman juga menjelaskan, dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan di dalam program kerja pemerintah bersama para Anggota DPRD, sangat diperlukan kondisi yang selaras dan serasi dalam hubungan kerjasama antara Legislatif dan Eksekutif sebagai pemegang mandat dan pelaksanaan amanat masyarakat.

“Tantangan DPRD saat ini adalah menjalankan politik total untuk menangkis isu-isu negatif tersebut, sehingga demokrasi dan demokratisasi bisa dipercaya sebagai proses yang paling tepat para anggota dewan,” imbuhnya.

Dia berharap,  juga merupakan harapan masyarakat tidak hanya sekedar citra, namun juga harus bisa diwujudkan dalam pola pikir perkataan ucapan tindakan dan pengambilan keputusan.

“Sebesar apapun kepentingan pada partai politik hendaknya tempatkanlah kepentingan publik secara luas di atasnya, di sini juga saya menyampaikan kepada seluruh anggota dewan yang terhormat agar dapat bekerja sama dengan pimpinan beserta anggota dewan lainnya tanpa melihat dari suatu golongan atau menjaga dan menjalankan Amanah ini dengan sebaik-baiknya,” bebernya.

“Kemudian senantiasa mengakomodir aspirasi masyarakat yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk kebijakan melalui program pembangunan yang sesuai kedudukan tugas pokok dan fungsinya serta wewenang yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku adil,” pungkasnya.

(PR)

Categorised in: ,

No comment for KETUA-WAKIL KETUA DPRD ROHUL DILANTIK, BEGINI HARAPAN BUPATI H SUKIMAN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *