Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIROKRASI » *Kapolres Labuhanbatu Paparkan Hasil Ungkap Kriminal Umum dan Narkoba Tahun 2017*

*Kapolres Labuhanbatu Paparkan Hasil Ungkap Kriminal Umum dan Narkoba Tahun 2017*

(303 Views) Desember 30, 2017 9:10 pm | Published by | No comment

LABUHANBATU, WARTAKRIMINAL.CO.ID.


Kejahatan Kriminal umum di Wilayah Hukum Polres Labuhanbatu untuk tahun 2017 menurun, hal ini dibuktikan dengan semakin kecilnya jumlah kasus penindakan dibandingkan dengan tahun 2016 lalu. 


“Tahun 2016 ada sebanyak 4.542 kasus, dan sebanyak 2.552 kasus telah terselesaikan. Sementara, apabila dibandingkan tahun 2017 ini, jumlah kasus sebanyak 4.291 terselesaikan sebanyak 3.015 kasus” ujar Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK, saat pemaparan Hasil ungkap Kasus Satreskrim dan Satres Narkoba Tahun 2017 di Mapolres setempat. Sabtu (30/12/2017).


Kata Kapolres, melalui penyelesaian sejumlah perkara yang cukup signifikan tersebut, masih didapati beberapa kasus yang tidak dapat diselesaikan, dalam artian tidak mencukupi unsur pidana dan ditindaklanjuti dengan proses pemberhentian perkara. 


“Tidak semua perkara bisa diselesaikan, dikarenakan kurangnya fakta hukum, serta dilaporkan hanya dengan perasaan tidak senang tanpa unsur pidana yang kuat, dan perkara tersebut kami selesaikan dengan SP3” sebut Frido. 


Disisi lain, AKBP Frido menjelaskan, hasil tindak kejahatan premanisme di tahun 2016 cukup banyak dengan jumlah 187 tersangka, sementara di tahun 2017 menurun dengan jumlah 217 orang. Dimana, hasil penindakan dilakukan di seluruh wilayah Jajaran Polres Labuhanbatu. 


“Kejahatan premanisme cukup banyak diwilayah kita, dan kejahatan ini saya pastikan ada terus setiap saat, serta saya berharap di tahun depan dapat berkurang, dengan cara peningkatan kerjasama antara polisi bersama masyarakat. Tanpa masyarakat, Polisi tidak akan mampu menciptakan Kamtibmas, tidak harus menjadi Polisi baru harus menjaga Kamtibmas” bilang Kapolres. 


Selanjutnya, untuk hasil ungkap Kasus Narkoba, Frido menjelaskan terdapat adanya peningkatan penindakan. Dimana di tahun 2016 terhitung jumlah tindak pidana sebanyak 364 kasus dengan 476 tersangka dan perkara yang telah diselesaikan sebanyak 313 kasus. 


“Sementara, di tahun 2017 ada sebanyak 544 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 674 orang, dan perkara yang telah diselesaikan 500 kasus. dan tentunya kami tetap berkomitmen untuk terus membersihkan narkoba di Labuhanbatu” kata Kapolres. 


Lebih jauh AKBP Frido menguraikan, bahwa Narkoba di Labuhanbatu Raya ini dapat ditekan melalui pendirian Panti Rehabilitasi, dan diharapkan Pemerintah setempat dapat merencanakan pembangunannya se-segera mungkin. 


“Coba kita bayangkan, dengan jumlah tersangka yang sangat banyak, bahkan pihak Lapas sudah menolak hasil tangkapan, salah satu upaya kita memutus mata rantai adalah dengan mendirikan panti Rehabilitasi, saya berharap pemerintah daerah dapat segera membangun panti tersebut” Harap Kapolres. 


Melalui kesempatannya, Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap SE,M.Si melalui plt. Sekdakab Ahmad Muflih SH,MM, menyampaikan Apresiasi kepada Polres Labuhanbatu atas hasil penindakan yang dilakukan, serta berjanji akan segera membangun Panti Rehabilitasi di Labuhanbatu. 


“Kami sangat meng-apresiasi hasil penindakan dan secara transfaran membuktikan kinerja polres sejajaran, serta, kami akan turut bersinergi menjaga kampung kita ini (Labuhanbatu Raya), dan saya harap masyarakat dapat mendukung dan berperan dalam memberantas narkoba dan kejahatan lainnya” ujar Muflih. 


Kata Ahmad Muflih, Narkoba merupakan ancaman bagi kita semua, serta merupakan pemicu terjadinya kejahatan lain, maka dari itu, perlu adanya upaya baru. Niat Pemkab untuk membangun panti Rehabilitasi sangat kuat, Dia menjanjikan, pihaknya akan duduk bersama untuk membahas konsep pembangunan panti tersebut agar dapat direalisasikan segera. 


Kegiatan itu diwarnai dengan pemusnahan barang bukti narkotika berupa, Shabu seberat 954,78 Gram, Ganja 9.354,56 Gram, dan ektasy sebanyak 211 butir. 


Tampak hadir, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Tris Lesmana Zeviansyah SIK,SH,MH, Asisten I Pemkab Labura, perwakilan Kejari, PN Rantauprapat, Kasat Narkoba AKP Jama Kita Purba SH,MH, Kasat Reskrim AKP Fathir Mustafa SIK, Labfor Medan, HMI, dan sejumlah Perwira Kanit di Lingkungan Mapolres setempat. (M. SUKMA)

Categorised in:

No comment for *Kapolres Labuhanbatu Paparkan Hasil Ungkap Kriminal Umum dan Narkoba Tahun 2017*

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *