Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIDIK » Jangan Ada Niat Jahat Kades Dalam Mengelola Dana Desa

Jangan Ada Niat Jahat Kades Dalam Mengelola Dana Desa

(705 Views) Mei 17, 2016 3:49 pm | Published by | No comment

PALAS-Para kepala desa (kades) dan perangkat pemerintahan desa di daerah Kabupaten Palas diingatkan dan diwanti-wanti sejak dini, agar jangan memiliki niat jahat dalam pengelolaan dana desa di tahun 2016 ini. Karena hal tersebut dinilai akan menjadi pintu masuk bagi para kades untuk diproses secara hukum, pada tingkat peradilan tindak pidana korupsi (Tipikor) dana desa.
IMG_20160517_155129
Hal ini ditegaskan, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Padang Sidempuan di Sibuhuan, Doni Harahap, di hadapan ratusan peserta sosialisasi hukum tentang pengelolaan dana desa tahun 2016 yang diikuti oleh para kades, sekdes dan BPD di Kecamatan Sosa, bertempat di Balai Desa Pasar Ujung Batu, Selasa (17/5).

“Jangan sampai antara kades, sekdes dan BPD timbul keributan soal pengelolaan dana desa. Intinya, sebagai aparat penegak hukum, kami akan menindak lanjuti setiap laporan yang masuk terkait pengelolaan dana desa itu. Kegiatan ini atas inisiatif dari kami, sebagai langkah preventif bagi para kades, agar tidak terjerumus dalam pengelolaan dana desa yang bisa berakibat hukum,” tegasnya.

Katanya, tujuan kegiatan ini dilaksanakan, sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden RI kepada aparat penegak hukum, yakni kejaksaan dan kepolisian, agar mengingatkan para kades dan pemerintahan desa untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan dana desa secara transparan dan akuntabel, sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku

“Intinya, kami mengingatkan dan para kades, sekdes dan BPD di masing-masing desa dapat melaksanakan kegiatan pembangunan di desa yang bersumber dari dana desa, sesuai keinginan bersama masyarakat di desa. Hindari niat jahat kades dan aparatur pemerintahan desa dalam mengelola dana desa, yang dapat mengarah ke perbuatan pidana dan melanggar hukum,” jelasnya.

Ini merupakan kegiatan ketiga yang telah dilaksanakan oleh tim Kacabjari Padang Sidempuan di Sibuhuan, setelah sebelumnya melakukan kegiatan sosialisasi hukum di Kecamatan Sihapas Barumun dan Kecamatan Batang Lubu Sutam (Batam). “Mengingat, banyaknya laporan yang kami terima dari masyarakat terkait pengelolaan dana desa di tahun 2015 lalu, yang cenderung bernuansa politis,” ungkapnya

“Jangan sampai para kades yang ada di daerah Palas ini terkena proses hukum, karena diduga korupsi dana desa. Mengingat, proses hukum atas tindak pidana korupsi dana desa, proses hukum peradilannya akan dilaksanakan di Kota Medan. Makanya, sekali lagi kami sangat mewanti-wanti agar para kades dapat mengelola dana sesuai RAB-nya,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Sosa, H. Asnan Lubis, SH dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih atas kegiatan sosialisasi hukum ini. Kegiatan positif ini tentu dinilai bermanfaat dan baik sekali diikuti oleh para kades dan perangkat pemerintahan desa, agar pengelolaan dana desa di tahun 2016 ini dapat berjalan lebih baik dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat desa.

“Diharapkan lewat kegiatan ini, para kades dan aparat pemerintahan desa khususnya di Kecamatan Sosa, dapat lebih profesional, transparan dan akuntabel dalam mengelola dana desa di tahun 2016, sesuai dengan RAB-nya masing-masing dan hasil pembangunan dari dana desa benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa,” pungkasnya

Categorised in:

No comment for Jangan Ada Niat Jahat Kades Dalam Mengelola Dana Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *