Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIROKRASI » Jalan Rusak Parah, Warga RBS Kini Keluar Masuk Desa Terpaksa Lewat Jalur Sungai

Jalan Rusak Parah, Warga RBS Kini Keluar Masuk Desa Terpaksa Lewat Jalur Sungai

(380 Views) Februari 14, 2016 5:45 pm | Published by | No comment

KEPENUHAN- Karena rusaknya ruas jalan menuju ke desa mereka, saat ini warga Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) Kecamatan Kepenuhan, terpaksa harus melintasi jalur sungai dengan boat atau sampan agar bisa keluar atau masuk ke desa mereka. 

Karena, saat ini kondisi jalan

 ke desa mereka tidak lagi bisa dilewati, baik gunakan roda dua maupun roda empat, akibat rusaknya jalan yang kian parah sejak lama dan kini diperparah dengan tingginya curah hujan yang terjadi saat ini.

 

Diakui salah seorang warga Desa RBS, Asman, Minggu (14/2/2016) menyatakan, dirinya bersama sejumlah warga RBS lainnya, kini terpaksa harus menempuh jalur sungai dengan menumpang boat, untuk keluar dari desa mereka.

 

Namun, melintasi jalur sungai mereka harus keluarkan biaya besar hingga Rp 250 ribu,

 selain itu lintasi jalur sungai jarak tempuhnya juga akan lebih lama capai 2 hingga 3 jam.

 

“Bila melintas jalan darat, hanya butuh waktu tempuh 30 menit, karena jalan menuju ke desa kami jaraknya hanya 9 km jika. Namun karena jalan rusak dan tidak bisa dilintasi kendaraan bahkan roda dua, maka terpaksa kita gunakan tarsnportasi air karena itu yang memungkinkan,” ucap Asman, saat dirinya menumpang boat keluar dari desa untuk keperluan ke ibukota Kecamatan.

 

Asman dan warga lainnya berharap, dalam waktu dekat ini sudah ada perbaikan jalan menuju Desa RBS. Sehingga biaya warga yang akan keluar dari Desa lebih ringan,

 selain itu dengan akses jalan bagus maka masyarakat akan bisa membawa hasil pertanian atau perkebunan serta ikan tangkapan warga, keluar untuk bisa dijual sehingga ekonomi masyarakat Desa RBS akan membaik.

 

“Dengan rusaknya jalan yang sudah lama terjadi dan belum dapat sentuhan perbaikan dari dinas terkait, kita sangat kesulitan sekali. Terutama saat akan membawa hasil pertanian, perkenunan dan ikan tangkapan masyarakat untuk dijual k luar desa. Karena biaya gunakan boat atau jasa angkutan air sangat mahal sekali,” sebut Adi, warga lainnya.

Categorised in:

No comment for Jalan Rusak Parah, Warga RBS Kini Keluar Masuk Desa Terpaksa Lewat Jalur Sungai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *