Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » ISTRI KADES SE BANGUN PURBA IKUTI LOMBA GILING CABE

ISTRI KADES SE BANGUN PURBA IKUTI LOMBA GILING CABE

(260 Views) Desember 20, 2016 7:49 pm | Published by | No comment

hari-ibu-bangun-purba-4
ROKAN HULU-Dalam memeriahkan peringatan hari ibu ke-88 tahun 2016, para ibu Kepala Desa (Kades) di kecamatan Bangun Purba kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengikuti lomba giling cabe merah, Selasa (20/12) di Halaman kantor Camat Setempat.
Perlombaan itu dibuka langsung Camat Bangun Purba, Suharman Nasution, di dampingi ketua PKK Bangun Purba, Susrianti, terlihat suasana heboh pada peringatan hari ibu yang dirayakan dengan lomba menggiling cabe merah ini, bahkan merupakan pertama kali digelar namun mendapat respon positif sebagian besar masyarakat setempat yang didominasi kaum hawa.
Kaum ibu ini terlihat antusias mengikuti lomba giling cabe ini, bahkan lomba ni juga menjadi tontonan menarik warga sekitar. Tidak hanya lomba giling cabe, kaum ibu di Bangun Purba ini juga mengadakan lomba baca puisi untuk anak PAUD, lomba busana Kebaya Nasional dan lomba pidato ibu-ibu.
Ketua panitia Wahyu Purwaningsi mengatakan, kegiatan ini memang sengaja dirancang untuk memeriakan peringatan hari ibu. Selain itu, acara ini juga menjalin kekompakan sesama warga. ” Kita berharap Untuk hari ibu selalu di meriakan ” ujarnya.
Masih ditempat yang sama, Ketua PKK Bangun Purba, Susrianti mengaku menggelar berbagai lomba di peringatan hari Ibu ke-88 ini. Untuk lomba menggiling cabe, kata Susrianti sengaja dibuat, sebab saat ini menurutnya di tengah perkembangan zaman yang semakin modern ini, tradisi menggiling cabe seolah mulai luntur.
“Padahal kan kalau kita masak menggunakan cabe yang digiling lebih enak masakan yang dihasilkan dari pada diblender, tradisi ini harus tetap kita pertahankan. Biar ibu-ibu rajin masak mengggunakan cabe yang digiling,” terangnya.
Camat Bangun Purba, Suharma mengapresiasi lomba yang sudah dilakukan para Ibu-ibu di kecamatan Bangun Purba. Apalagi pada perlombaan giling cabe, Suharman menilai kegiatan ini sangat positif dilakukan. “Lomba giling cabe ini perlu dilestarikan, sebab saat ini banyak kita temui ibu-ibu menggiling cabe dengan blender ataupun yang langsung membeli cabe giling dipasar. Melalui lomba ini kita ingin mengingatkan kembali kepada ibu-ibu cara mengiling cabe secara tradisional yang mulai ditinggalkan,” terang Suharman.

Mantan Kabag Humas Setdakab Rohul ini juga mengakui masakan yang dihasilkan dari gilingan secara tradisional lebih enak dibandingkan dengan hasil cabe yang di blender. “Kalau rasa itu kan relatif, tapi saya rasa lebih enak yang digiling secara tradisional, sebab biji-biji cabenya hancur,” terangnya. (MS)

Categorised in:

No comment for ISTRI KADES SE BANGUN PURBA IKUTI LOMBA GILING CABE

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *