Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Ekonomi Terpuruk, Banyak Warga dan Pegawai Tanam Sayuran

Ekonomi Terpuruk, Banyak Warga dan Pegawai Tanam Sayuran

(449 Views) Maret 27, 2016 10:58 am | Published by | No comment

ROKAN HULU-Kondisi ekonomi masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kian terpuruk, bukan saja dirasakan petani dengan anjloknya harga karet, namun para pegawai juga ikut merasakan sulitnya ekonomi dampak belum disahkannya APBD Rohul 2016 hingga saat ini. 

Seperti dilakukan Rony, salah seorang pegawai Pemkab Rohul, Minggu (27/3), dirinya kini mulai menanam sayuran, termasuk cabe di pekarangan rumahnya yang luasnya hanya 5 kali 5 meter. Kegiatan itu menurutnya dengan kondisi ekonomi yang kian sulit saat ini, sehingga dirinya harus berputar otak bagaimana, menyiasati agar kebutuhan hidup atau pangan bisa terpenuhi.

“Kita ada kebun karet sekitar 1 hektar, namun dengan harga karet yang rata-rata dibawah Rp 6000 per kgnya tidak bisa menutupi kebutuhan hidup keluarga. Kini kita menyiasati, bertanam sayuran sehingga kebutuhan akan sayur bisa terpenuhi tanpa harus membeli lagi. Tinggal beli beras, sayur tinggal mengambil di kebun yang kita tanam,” sebut Rony.

Bukan hanya sayuran, cabe merah dan cabe hijau juga ditanam Rony, apalagi kini harga cabe merah mahal di pasar. Bukan hanya itu saja, APBD yang tidak kunjung disahkan juga sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat di Rohul.

Bukan hanya Rony, Sari warga Desa Babussalam Kecamatan, sudah sejak bebarapa bulan terakhir ini, bertanam cabai merah. Selain untuk kejar panen di bulan Ramadhan yang harganya biasanya menjanjikan, Sari juga berharap kebutuhan cabe setiap harinya bisa terpenuhi.

“Kita harapkan, dengan menanam cabe maka bisa menghasilkan keuntungan di bulan Ramadhan mendatang, karena biasanya, setiap bulan Ramadhan harga cabe mahal, sehingga berharap bisa mendapat untung besar guna kebutuhan Idul Fitri nantinya,” harap Sari.

Categorised in:

No comment for Ekonomi Terpuruk, Banyak Warga dan Pegawai Tanam Sayuran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *