Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » Dipertanyakan Aktifis, Ratusan Veron Timbangan Kelapa Sawit Di Rohul Diduga Belum Kantongi Izin

Dipertanyakan Aktifis, Ratusan Veron Timbangan Kelapa Sawit Di Rohul Diduga Belum Kantongi Izin

(192 Views) Oktober 19, 2019 12:54 am | Published by | No comment

IMG-20191019-WA0009

ROKAN HULU-Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) LSM Lembaga Pemantau Korupsi (LPK) Provinsi Riau Miswan SAg mempertanyakan peneraan timbangan Kelapa Sawit di veron-veron yang ada di Rohul, mengingat semakin menjamurnya warga mendirikannya.

Hal ini terungkan saat Silaturahmi Ketua LSM LPK ke Dinas Perindistrian dan Perdagangan Kabupaten Rohul Kamis (17/10/2019) siang.

Dikatakan Miswan, beberapa hari lalu adanya keluhan warga petani Kelapa Sawit tentang timbangan yang digunakan para pemilik Veron.

“Sebab saat menimbang buah Sawit hanya sekedar saja, bahkan beratnya tidak sesuai dengan garis yang ada pada tinbangan, hal ini diduga akan merugikan petani Sawit,” katanya.

Sesuai dengan hal tersebut perlu dipertanyakan kepada pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rohul. “Apakah mereka sudah melakukan peneraan timbangan pemilik Veron yang ada sebagaimana yang dilaksanakan setiap tahunnya,” katanya.

“Dinas Perindustrian dan Perdagangan harus selektif melakukan tera terhadap timbangan yang di miliki setiap Veron yang ada agar tidak ada satu pihakpun yang dirugikan,” ungkap Miswan.

Miswan juga menambahkan apakah Veron-Veron yang ada di Rohul ini sudah punya izin atau belum. “Ini sangat perlu dicermati hal ini untuk membatasi banyaknya masyarakat yang mendirikan Veron,” katanya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rohul Drs H Sariaman MSi mengatakan dari 170 Veron yang ada di Rohul terdapat 50 Veron yang tidak resmi sedang 120 lagi sudah memiliki kzin.

Namun, kata Sariaman pihaknya sudah memberitahukan kepada Veron resmi supaya membuat surat permintaan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan supaya timbangannya ditera, namun hingga saat ini belum ada yang mengirimkan surat tersebut.

“Kita masih menunggu permintaan dari pemilik Veron untuk peneraan timbangan mereka namun kalau menjelang akhir tahun ini tidak ada saya akan perintahkan petugas supaya turun ke Lapangan melakukan peneraan,” ungkapnya.

Sariaman juga mengatakan terhadap Veron yang belum memiliki Izin pihaknya juga akan memberi teguran agar mereka mengurus Izin Pendirian maupun legalitas timbangan yang mereka Pakai.

Kadis juga menyampaikan kendala yang dihadapi sekarang pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan adalah masih kurangnya peralatan yang dimiliki.

“Kemudian tenaga yang bertugas untuk menera timbangan tersebut sementara timbangan yang harus ditera cukup banyak di Rohul ini,” pungkasnya.

(RC12)

Categorised in: ,

No comment for Dipertanyakan Aktifis, Ratusan Veron Timbangan Kelapa Sawit Di Rohul Diduga Belum Kantongi Izin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *