Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIDIK » Dinilai Tidak Transparan, Ratusan Mahasiswa UPP-Rohul Minta Rektor Turun Dari Jabatannya

Dinilai Tidak Transparan, Ratusan Mahasiswa UPP-Rohul Minta Rektor Turun Dari Jabatannya

(438 Views) September 26, 2016 9:23 am | Published by | No comment

ROKAN HULU-Ratusan mahasiswa Universitas Pasir Pangaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), melakukan unjuk rasa dan mengepung kampusnya, di Desa Rambah Tengah Hilir (RTH), Kecamatan Rambah, Senin (26/9).

img_20160926_092021
Unjuk rasa tersebut yang tergabung dalam aliansi mahasiswa jurusan dan suara mahasiswa kampus UPP-Rohul, sebaggai Koordinatori Lapangan (Korlap) nya, Irwansyah, Alfasyafutra, Alhusaini dan lainnya, masa ini meminta supaya rektornya turun dari jabatannya, jika tidak becus memimpin kampus agar lebih baik kedepannya.

Tampak para, pengunjuk rasa menuntut terkait transparansi anggaran, kemudian pemenuhan fasilitas kampus, pembenahan kampus berbasis industri dan adanya perhatian kampus terhadap kegiatan kemahasiswaan.

img_20160926_102156

Para mahasiswa juga tetap bersikukuh dan meminta supaya Rektor UPP Rohul, Feliatra, jika tidak transparan serta tidak pro pada kegiatan mahasiswa agar bisa aktif dan kreatif, terlihat para mahasiswa bersorak-sorak supaya turunkan rektornya.

Dalam aksi tersebut, berjalan dengan damai dan hanya menyampaikan aspirasi, tapi mereka belum mau membubarkan diri, sebelum pihak rektor bisa memberikan penjelasan kepada para mahasiswa.

img_20160926_102201

Terlihat dari pihak Kampus sudah berupaya menenangkan pengunjuk rasa, diketahui dari Fakutas Pertanian Icwan, menerangkan kalau Rektor UPP-Rohul, Feliatra tidak ada di tempat karena keluar daerah, namun mahasiswa masih tetap menunggu.

Mahasiswa juga menilai, kebijakan pihak rektorat yang tidak pro kepada mahasiswa, terbukti mahalnya biaya yang harus mereka keluarkan, untuk mendapat ilmu pengetahuan, tapi tak setimpal pendidikan yang mereka terima.

Padahal kampus UPP Rohul setiap tahunnya menerima suntikkan dana dari Pemkab Rohul, tapi mahasiswa masih dibebankan dengan uang kuliah yang sangat mahal. Mereka meminta supaya pihak rektorat menyetop pembodohan mahasiswa, kemudian supaya hak mereka bisa diberikan sesuai dengan porsinya.

Setelah mahasiswa melakukan orasinya, namun pihak rektorat juga tak muncul, akhir masapun membubarkan diri dengan tenang dengan ancaman, jika dalam dua hari ini kedepan pihak rektorat belum menjelaskan sesuai tuntutan mereka, para pengunjuk rasa akan melakukan mogok belajar.

Di tempat terpisah, Rektorat UPP-Rohul Feliatra mengatakan, dirinya sedang dinas luar daerah, namun telah mengetahui aksi, dilaksanakan mahasiswa dan mahasiswinya tersebut. “Kita lihat saja kedepan, karena saya sudah melakukan yang terbaik untuk meningkatkan berbagai kompetensi tenaga pengajar atau dosennya termasuk penambahan kejuruan mata kuliah para mahasiswa dan mahasiswi,” katanya.‬

‪Saat awak media ini tanyakan terkait tidak transparansi dalam Penggunaan dana di kampus  dana hibah APBD Rohul, baik operasional dan beasiswa, jawabnya, tidak ada yang di sembunyikan dalam penggunaan dana tersebut. “Selalu kita terbuka, untuk tahun 2015 dana operasional senilai Rp 2.5 M, untuk beasiswa 7 orang dosen senilai Rp 2.7 M, itu dana hibah dari APBD Rohul dan di tahun 2016 ini kita masih belum terima,” akuinya.

‪Jelasnya, tahun lalu yang dapat Rp 2.7 milyar dana Pemda Rohul. Untuk program S3 dosennya ke Unisel atas nama Khairul Fahmi, Rise Kamila, Arma Yuliza, Yose Rizal, Arafiqurrahman Fahrizal.

‪Selain itu, lanjutnya, mahasiswa UPP merupakan mahasiswa yang meraih dana Program kreatifitas mahasiswa PKM terbanyak di kopertis wilayah X.

‪Dirinya juga menilai aksi mahasiswanya itu diduga dimanfaatkan oknum yang tidak suka akan kemajuan UPP saat ini.‬ Tentang masa jabatan rektorat membenarkan berakhir 30 September 2016, saat ditanya apa mencalon lagi, dirinya tidak berkomentar.   

Hingga beri

Categorised in:

No comment for Dinilai Tidak Transparan, Ratusan Mahasiswa UPP-Rohul Minta Rektor Turun Dari Jabatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *