Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIROKRASI » Bupati Rohul Achmad Diminta Bertanggung Jawab, Perangkat Desa dan Guru Honor Belum Gajian Selama 4 Bulan

Bupati Rohul Achmad Diminta Bertanggung Jawab, Perangkat Desa dan Guru Honor Belum Gajian Selama 4 Bulan

(1661 Views) Februari 21, 2016 12:17 pm | Published by | No comment

ROKAN HULU-Aneh, ya, di Negeri Seribuk Suluk ini, tidak layak rasa kalau Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) itu dikatakan terbaik 2016 di Provinsi Riau, sebab masa, perangkat desa dan tenaga guru honor se Rohul saja, sudah empat bulan belum gajiian, dimana tanggung jawab pemerintah daerah.

Dampaknya, sejumlah aktifis angkat bicara, yakni H. Sarkawi, H. Basri, Mansur Hasibuan, Faisal Purba, mereka merasa anehnya, pasalnya para perangkat desa yakni, RT/RW, Kepala Desa (Kades) dan guru tenaga honorer se Rohul, sudah empat bulan tidak gajian.

“Jadi kalau menurut saya, Achmad sebaiknya meletakkan jabatannya sebagai Bupati Rohul, sebab visi-misinya juga tidak tercapai menjadikan Rohul terbaik di Riau, bahkan banyak permasalahan-permasalahan baru, seperti aparat desa tak gajian, guru tak gajian, bagimana ini,? Tanya H. Sarkawi.

Ini sudah berbahaya ini, sambung Faisal Purba, kalau begini tatanan pemerintah, hanya sibuk mengurusi kelompok dan golongannya, sedangkan rakyat saat ini butuh solusinya, supaya hak mereka bisa ditunaikan, seperti gaji para aparat desa dan gaji guru tenaga honorer.

“Seharusnya ini, Bupati Rohul Achmad ada win-win solution, jangan sibuk mempertahankan jabatannya, apa tak malu, jika kini banyak rakyat yang tersakiti, seperti para aparat desa dan tenaga honorer, meskipun mereka tidak beriak dan teriak, tapi Achmad mestinya sebagai pamong masyarakat harus merasakan apa yang dirasakan rakyat itu, sebaiknya Achmad juga tak usah ambil gajinya, supaya sama-sama merasakan apa yang dirasakan rakyatnya,” ulas Faisal Purba yang juga Dankogade LSM Penjara Rohul.

Kemudian, H. Sarkawi, meminta kepada Bupati Rohul Achmad jika ingin melepaskan jabatannya, juga harus bertanggung jawab terhadap hutang-hutangnya, termasuk gaji guru honor, aparat desa dan hutang-hutang dari pihak ketiga yang jadi beban daerah, seharusnya Achmad meminta maaf kepada para guru tenaga honorer dan aparat desa tersebut dan minta ampun kepada tuhan telah melalaikan hak orang banyak.

“Janganlah buat masalah kalau meninggalkan sesuatu, tapi ciptakanklah sesuatu yang positif bisa dikenang rakyat, kemudain para wakil rakyat, seharusnya jangan diam saja, tapi buktikanlah kinerjanya di tengah-tengah masyarakat, sebab itu kan APBD Murni 2015, kalau saya menyarankan supaya pak Achmad itu jual kebun kepala sawit dan sapi untuk bayar gaji orang-orang tersebut,” geram H. Sarkawi Mantan Ketua Kadinda Rohul.

Secara terpisah, Kades Lubuk Napal, Kecamatan Rambahsamo, Sopian, mengaku kalau aparatnya mulai dari bulan Oktober Tahun 2015 lalu sampai saat ini, aparatnya belum dapat gaji.

“Hal ini sama dirasakan kades-kades lainnya, tak ada gajian, karena Pemkab Rohul, hingga saat ini belum membayarkan dana Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2015 lalu sebesar 20 persen lagi, jadi kita butuh solusilah untuk ini,” imbuh Sopian.

Begitu juga dengan salah seorang guru Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliayah (PDTA) SK Bupati Rohul Achmad, juga mengaku sudah empat bulan tak terima gaji, alasan orang dinasnya uang tidak ada.

“Bayangkan sajalah pak, bayar uang kos, untuk makan lagi, semua di situ, jadi kapan lagi kami gajian, setiap jumpa wartawan tapi tak ada yang berani memberitakan nasib guru honor di Rohul, jangan-jangan gaji kami itu udah habis dan dimakan orang itu,” keluhnya.

Categorised in:

No comment for Bupati Rohul Achmad Diminta Bertanggung Jawab, Perangkat Desa dan Guru Honor Belum Gajian Selama 4 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *