Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIROKRASI » BPK Sumut Periksa Laporan Keuangan Pemkab Palas

BPK Sumut Periksa Laporan Keuangan Pemkab Palas

(494 Views) Februari 25, 2016 3:46 pm | Published by | No comment

PALAS-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan Provinsi Sumut melakukan pemeriksaan pendahuluan, atas laporan keuangan Pemkab Palas tahun anggaran 2015. Ada sebanyak empat orang tim dari BPK Sumut yang melakukan pemeriksaan pendahuluan tersebut.

“Tim kami dari BPK Perwakilan Sumut yang turun ke Pemkab Palas ada sebanyak 4 orang, saya, Pak Indra, Pak Ribut dan Pak Bayu. Kami sudah berada di sini sejak tanggal 10 februari. Rencananya berada di sini sampai tanggal 13 maret nanti,” sebut Anggota Tim BPK Sumut, Teta Diana, didampingi Kepala Kantor Inspektorat Palas, Arfan Nasution, saat disapa, Kamis (25/2).

Dikatakan Diana, dalam kegiatan pemeriksaan pendahuluan ini, pihaknya melakukan kompirmasi dan verifikasi atas laporan dokumen dan data keuangan tahun 2015 lalu, di lingkungan SKPD Pemkab Palas yang sudah diterima BPK.

“Hasil dari pemeriksaan awal ini, nantinya akan dianalisa oleh tim, kemudian hasil analisanya akan disampaikan kepada tim pengendali teknis BPK Sumut untuk pemeriksaan lanjutan. Jadi, sekarang ini kami belum bisa sampaikan ada temuan atau tidak atas laporan keuangan Pemkab Palas,” terangnya.

Kegiatan pemeriksaan pendahuluan yang dilakukan tim ini, lanjutnya, seperti verifikasi pengadaan barang dan jasa, melihat kesesuaian fisik barang dan bangunannya, sesuai dokumen laporan alokasi dan realisasi penggunaan dana APBD Palas tahun 2015 yang diterima. Pemeriksaan juga dilakukan hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

“Satu contoh pemeriksaan pendahuluan yang kami lakukan tadi, melakukan pemeriksaan terhadap bilal mayit, imam khatib dan guru ngaji, selaku penerima dana bansos besarannya sekitar Rp. 800-an juta dari APBD Palas, sesuai laporan keuangan Pemkab Palas tahun 2015,” urainya.

“Dari laporan keuangan itu, selanjutnya kami mengambil sample dengan turun ke kecamatan dan mengundang para bilal mayit, imam khatib dan guru ngaji, untuk dikompirmasi dan meminta penjelasan kebenarannya, bahwa mereka sudah menerima bantuan dana bansos tersebut,” jelas Diana.

Hasilnya, dari sample yang diambil secara acak dan dadakan itu, terangnya, memang dana yang diterima sesuai dengan laporannya dan sipenerima dana jufa benar bertugas di desanya. Sesuai Perbup Palas, dana bansos untuk imam khatib dan guru ngaji sebesar Rp. 417 ribu perorang dan bilal mayit sebesar Rp. 170 ribu perorang.

Sementara itu, Kepala Kantor Inspektorat Palas, Arfan Nasution mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya hanya bertugas mendampingi dan memfasilitasi tim pemeriksa dari BPK Perwakilan Sumut untuk melakukan audit keuangan. “Sebagai mitra kerja BPK Perwakilan Sumut, kami hanya mendampingi, mengkordinasikan dengan SKPD terkait kegiatan pemeriksaan dan memfasilitasi, agar kegiatan audit atau pemeriksaan pendahuluan ini berjalan lancar,” kata Arfan

Categorised in:

No comment for BPK Sumut Periksa Laporan Keuangan Pemkab Palas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *