Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » OPINI » Antara Mendidik dan HAM, Kalo Begini Guru Harus Bagaimana?

Antara Mendidik dan HAM, Kalo Begini Guru Harus Bagaimana?

(1746 Views) Juni 12, 2016 3:41 pm | Published by | No comment

Beberapa waktu ini dunia pendidikan beberapa kali menjadi pusat pemberitaan, sayangnya bukan karena prestasi yang diraih melainkan permasalahan yang terjadi yang berujung jeruji besi.
IMG_20160612_161445
Tak sedikit pemberitaan mengenai pelecehan seksual dan kekerasan yang terjadi dilingkungan sekolah. Bukan hanya terjadi antara pelajar, juga beberapa kasus terjadi antara guru dan guru dengan siswa.

Setiap tindakan yang berbau kriminal memang layak bila harus berakhir di jeruji besi, tak terkecuali hal itu terjadi di lingkungan sekolah yang seharusnya menjadi lingkungan paling aman dan terjaga. Karena disini tempat anak bangsa menuntut ilmu demi membangun masadepan bangsa.

Namun beberapa kasus yang menjadi buah bibir dipemberitaan yakni pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) yang dilakukan guru kepada murid lantara hukuman yang dilakukan untuk memberi pembelajaran kepada murid yang melanggar peraturan. Seperti kausu guru yang menjewer murudnya hingga dilaporkan ke polisi. Atau kasus guru SD berjilbab yang rambutnya dipotong paksa orang tua murid karena memotong rambut anaknya yang panjang.

IMG_20160612_160830
Foto diatas merupakan contoh bagaimana seorang guru yang serba salah saat muridnya mulai berani kurang ajar. Foto yang diduga dilakukan siswi SMP tersebut sempat menghebohkan media masa setahun yang lalu.Dimana siswi SMP ini, seakan-akan ‘melecehkan’ seorang pria yang diduga soerang guru di sekolah tersebut.

Dengan berpose mengancam, hendak memukul hingga (maaf) menunggingi guru tadi dengan posisi pantat keatas, siswi ini terlihat ‘puas’ melakukan hal tesebut.

Saat seorang anak mendapat hukuman dari gurunya memang hak orang tua menanyakan dan mencari penyebabnya untuk perbaikan. Karena memang sekecil apapun hukuman bila menimpa anak yang kita sayangi akan terasa terlalu berat. Namun bila hukuman itu setimpal dengan kesalahan yang dilakukan si anak seharusnya orang tua legowo. Dan mengkoreksi agar kesalahan tersebut tak terulang lagi.

Guru yang tegas dan sedikit galak dalam menegakan peraturan, memang akan ditakuti siswa. Namun, hal itu akan menjadi pelajaran berharga saat siswa itu memasuki kehidupan yang nyata.

Dan bagi pihak gurupun memang harus lebih kreatif mencari hukuman bagi siswanya yang bisa mendidik namun juga memberikan efek jera. Karena senakal-nakalnya siswa mereka adalah anak yang masih perlu dituntun dan dididik untuk tahu mana yang salah dan mana yang benar.

Categorised in:

No comment for Antara Mendidik dan HAM, Kalo Begini Guru Harus Bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *