Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIDIK » Ada Dugaan Pungli di SMA II Tambusai, Masyarakat Resah

Ada Dugaan Pungli di SMA II Tambusai, Masyarakat Resah

(343 Views) September 16, 2016 2:54 pm | Published by | No comment

ROKAN HULU-Ada dugaan Pungutan Liar (Pungli) di SMA II Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dilakukan pihak sekolah dan komite sekolah, masyarakat merasa resah dan meminta kepada Wakil Bupati Rohul, H. Sukiman turun langsung ke tempat tersebut.

img_20160916_145632

Aktifis Tambusai, Thamrin Nasution, menjelaskan masih segar dalam ingatan, kalau pendidikan mulai dari tingkat SD sampai SLTA akan mengeyam pendidikan gratis fakta saat ini masih banyak lagi masyarakat mengeluhkan, akibat mahal pendidikan tersebut.

“Saya sudah banyak orang tua wali murid yang mengadu kepada saya, mereka mengeluh karena besar biaya pendidikan di SMAN II Tambusai mencapai ratusan ribu perbulannya, padahal baik pak Suparman dan Sukiman sudah membuat edaran tidak pungutan,” terang Tamrin Nasution di Pasir Pangaraian, Jumat (16/9).

Saat hal ini dikonfirmasi dengan Kepala Sekolah (Kasek) SMA II Tambusai, Wahid, mengakui adanya pembayaran tersebut, malah dijelaskannya dari 220 anak muridnya, itu dikenakan biaya RP 130 ribu perbulan untuk setiap murid-muridnya.

“Kenapa kami lakukan seperti itu, karena dari 18 guru yang ada di sini baru 1 orang yang PNS, memang ada sih edaran dari Pemkab Rohul supaya tidak melakukan pengutan tapi itu untuk sekolah-sekolah yang banyak PNSnya,” terangnya di ujung telpon.

Masih Wahid menjelaskan, jadi untuk mengaji guru tersebut terpaksa dilakukan pungutan, sebab kalau penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) sudah jelas. “Pungutan itu langsung dilakukan pihak komite. Lagi kenapa dia (Thamrin Nasution) tidak ada konfirmasi kepada kita,” sebutnya.

Di tempat berbeda, Ketua Komite Sekolah SMA II Tambusai, Wahidin, kalau pungutan tersebut sudah ada kesepakatan dengan pihak wali murid, karena kondisi sekolah. “Tapi bagi pelajar yang masuk kategori miskin dan anak yatim itu kalau surat pernyataan maka akan diringankan,” tukasnya.

Categorised in:

No comment for Ada Dugaan Pungli di SMA II Tambusai, Masyarakat Resah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *