Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » 4 Mahasiswa IPB Buat Penyuluhan Pertanian dan Peternakan

4 Mahasiswa IPB Buat Penyuluhan Pertanian dan Peternakan

(626 Views) Agustus 11, 2016 2:09 pm | Published by | No comment

PALAS-Sebanyak 4 orang mahasiswa Intitut Pertanian Bogor (IPB) dari berbagai jurusaan diterjunkan ke daerah Kabupaten (Palas) untuk melakukan kegiatan praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN), sebagai syarat untuk meraih gelar akademik di perguruan tinggi. Salah satu desa yang menjadi sasaran KKN adalah Desa Sayur Mahincat, Kecamatan Barumun Selatan (Barsel).
IMG_20160811_141840
“Mahasiswa IPB yang ditempatkan untuk kegiatan KKN di desa ini sebanyak empat orang, mereka dari jurusan Komunikasi Pengembangan Masyarakat, Agronomi dan Holtikultura, serta Gizi Masyarakat dan Ilmu Tanah,” kata Kepala Desa Sayur Mahincat, Alfi Kamil Lubis, Rabu (10/8) di Sibuhuan.

“Kehadiran para mahasiswa IPB ini, tentu sangat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di desa kami. Berbagai kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang ilmu pertanian, kesehatan dan pengembangan peternakan, dilaksanakan para mahasiswa kepada warga petani, sehingga memberikan wawasan ilmu pengetahuan yang baik untuk peningkatan hasil produksi pertanian khususnya,” terangnya.

Disamping itu juga, lanjutnya, pemahaman tentang pola pikir masyarakat setempat, didorong oleh para mahasiswa untuk mengamalkan pola prilaku hidup sehat, sehingga menambah pengetahuan yang luas bagi warganya untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan di bidang pertanian, peternakan, dan kesehatan bersama para mahasiswa dari IPB ini, sempat dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Palas Ir. Bakari, Kepala Distan Palas Ir Abdullah Nasution dan Kepala BP2KP Palas, H. Ismail Siregar serta dari pihak Dinas Kesehatan Palas.

Disebutkan Alfi, kehadiran para mahasiswa IPB yang melaksanakan KKN di desa ini, dirasakan sangat membangun kerjasama yang baik secara sinergitas dengan masyarakat setempat. Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya kegiatan penyuluhan secara rutinitas kepada warga petani setempat, untuk mendapat ilmu tentang pertanian dan peternakan yang baik dan tepat, sehingga diharapkan dapat mendongkrak pendapatan ekonomi warga masyarakatnya.

“Harapan kita, lewat program Pemkab Palas yang telah menjalin MoU dengan pihak IPB, dalam bentuk kegiatan seperti ini, dapat terus terbina dengan baik sesuai dengan pencanangan Bapak Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap, untuk menciptakan program swasembada beras d idaerah ini dan mewujudkan masyarakatnya yang sehat jasmani dan rohani, serta sosial ekonomi,” ujarnya.

Dia menilai, program Pemkab Palas dengan mengandeng pihak IPB untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu pertanian kepada warga di pelosok desa, sangat tepat sasaran sesuai yang diharapkan para petani selama ini. Kerjasama yang dibangun pemerintah ini, sangat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat petani khususnya.

“Karena banyak ilmu pengetahuan yang didapat masyarakat kami, untuk peningkatan kemajuan petani yang lebih mandiri dan sejahtera. Atas nama Pemerintah Desa Sayur Mahincat, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Palas yang peduli dan perhatian dengan nasib kalangan petani desa di daerah yang dipimpinnya,” pungkasnya.

Categorised in:

No comment for 4 Mahasiswa IPB Buat Penyuluhan Pertanian dan Peternakan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *