Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » 20 November, Tes Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Digelar

20 November, Tes Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Digelar

(473 Views) November 10, 2016 11:36 pm | Published by | No comment

seleksi-penyuluh
PASAMAN-Hasil seleksi administrasi yang telah dilakukan oleh tim seleksi, ada 163 orang pendaftar yang dinyatakan lolos dan akan mengikuti tes rekrutmen penyuluh agama Islam Kabupaten Pasaman hari MInggu tanggal 20 November 2016 mendatang serempak se Indonesia.
Informasi itu disampaikan Kepala seksi Bimas Islam Sulpan Amri (10/11). Menurut keterangannya, ada sebanyak 191 orang yang mengajukan permohonan untuk mengikuti tes rekrutmen penyuluh agama Islam Kabupaten Pasaman tahun 2017, tetapi dari seleksi yang dilakukan oleh tim yang dikoordinir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman hanya 163 orang yang berhak mengikuti tes tersebut
“Mengenai nama-nama yang akan mengikuti tes, akan dikirimkan kepada Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan masing-masing,” ujar Sulpan.
Dikatakannya lagi, yang lolos administrasi tersebut dinilai sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh Kemenag pusat dan hanya segelintir yang tidak dapat diikutsertakan disebabkan yang bersangkutan ada yang berstatus honorer yang telah menerima tunjangan fungsional guru (TFG) dan Guru Tidak Tetap (GTT).
Sulpan Amri menjelaskan tes rekrutmen yang dilaksanakan ada dua tahapan yakni tertulis dimana soal-soal yang akan diujikan berupa pengetahuan agama, wawasan kebangsaan dan perundang-undangan dari Kemenag pusat dan satu tahapan lagi wawancara yang dilangsungkan di MTsN Lubuk Sikaping. Dari tahapan-tahapan tersebut, 60 persen dari hasil tes tertulis sangat menentukan kelulusan, sedangkan wawancara 40 persen.
Dalam seleksi ini, lelaki asli Duo Koto itu berharap mendapatkan penyuluh-penyuluh agama Islam ranah Pasaman yang benar-benar bermutu, karena mereka merupakan perpanjangtanganan Kemenag dalam menyampaikan ajaran Islam ke tengah-tengah masyarakat ranah yang termasuk beragam suku, agama dan karakter. Selain itu juga, penyuluh agama Islam dapat membantu pemerintah daerah dalam pembangunan dari sudut agama
Ditambahnya, bagi yang lulus akan berlaku sebagai penyuluh selama tiga tahun (2017 hingga 2019) dan apabila setelah diangkat terjadi hal-hal semisal yang bersangkutan tidak menjalankan tugas pokok dan fungsinya, berbuat hal yang tercela sehingga meresahkan masyarakat, berpolitik atau menerima honor yang berasal dari APBD atau APBN akan diberhentikan dan diganti sesuai urutan peringkat hasil tes rekrutmen.
Hasil tes nantinya akan kita umumkan di website resmi Kemenag Sumatera Barat (www.sumbar.kemenag.go.id) dan juga dipublikasikan di kantor bekerjasama dengan pelaksana humas, paparnya.
Kepala Kankemenag H.Abdel Haq saat dihubungi mengingatkan agar pelaksanaan tes tertulis dan interview harus sesuai regulasi dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan, dengan mengedepankan mutu nilai yang diperoleh peserta tes bukan bersifat subjektif. Hal ini menurutnya untuk menghindari ketidakadilan dan kecurangan serta tercorengnya nama besar Kemenag sebagai lembaga pemerintah.(Icuk Rz)

Categorised in:

No comment for 20 November, Tes Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Digelar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *