Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » FRAKSI PADA PANSUS RUU PEMILU SEPAKATI AMBANG BATAS PARLEMEN

FRAKSI PADA PANSUS RUU PEMILU SEPAKATI AMBANG BATAS PARLEMEN

(472 Views) Juni 7, 2017 5:52 am | Published by | No comment

479-ketua_panitia_kerja_ruu_pemilu_lukman_edy_harianaceh-718x452.jpg.cf
JAKARTA-Fraksi di Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu sudah menyepakati ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 4 persen. Kesepakatan itu tinggal disahkan dalam rapat Pansus.

“Lobi-lobi antar ketua fraksi dan ketua kelompok fraksi di Pansus, disepakati angka empat persen untuk ambang batas parlemen,” kata Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (6/6).

Menurut Lukman, fraksi di DPR menyepakati angka ambang batas itu setelah membahas empat pilihan ambang batas parlemen 3,5 persen, 4 persen, 5 persen, dan 7 persen. Atas kesepakatan itu, Ia optimistia rapat Pansus akan menyepakati penetapan ambang batas itu tanpa melakukan pemungutan suara.

Terkait ambang batas calon presiden (Presidential Threshold/Pres-T), Lukman Edy mengatakan, masih terus dibahas di pansus. Isu Pres-T tinggal dua yang mengemuka yakni 0 persen dan 20 persen.

Menurut Lukman, ada tiga fraksi yang mengusulkan ambang batas pengajuan calon presiden bagi parpol 20-25 persen yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Nasdem. Sementara 7 fraksi mengusulkan tanpa ambang batas.

“Pansus akan membahas kebuntuan Pres -T pada Kamis mendatang. Kalau masih belum ada kesepakatan ya di voting di paripurna,” katanya. (dradioqu)

Categorised in:

No comment for FRAKSI PADA PANSUS RUU PEMILU SEPAKATI AMBANG BATAS PARLEMEN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *