Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » OPINI » JANGAN KOPAS TAPI PUASA BERKUALITAS DAN BERKELAS

JANGAN KOPAS TAPI PUASA BERKUALITAS DAN BERKELAS

(1035 Views) Mei 26, 2017 9:51 pm | Published by | No comment

IMG-20170526-WA0026

ALHAMDULILLAH dan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memperpanjang umur kita sehingga kita dapat bertemu dan melalui kembali bulan nan suci Ramadhan pada tahun ini. Sebagai umat Islam yang beriman diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa, sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al Baqarah ayat 183 yang artinya “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa, sebagaimana yang telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, mudah-mudahan kamu menjadi orang yang bertaqwa”.

Pastinya kita menginginkan, puasa yang kita kerjakan pada tahun ini mendapatkan nilai yang lebih baik di sisi Allah SWT dari tahun-tahun sebelumnya. Kita seharusnya malu dan merasa merugi, puasa yang kita tunaikan itu bernilai nol besar berbau sia-sia tanpa ada membawa perubahan pada diri dan kualitas ibadah.

Padahal Allah SWT telah menjanjikan dan menyediakan begitu banyak reward kepada hamba-hambanya yang betul-betul menunaikan perintah Nya itu dengan sempurna, dan sebagai yang tertinggi yang diberikan oleh Allah adalah predikat taqwa (QS. Al Baqarah ayat 183).

Di dalam sejumlah hadits sahih Rasulullah SAW juga disebutkan diantaranya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim artinya “Barangsiapa yang menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala dari Allah, Allah akan tutupi dosanya”.

Dari itu, kita hendaknya benar-benar mengambil kesempatan ini menunaikan ibadah rukun Islam ketiga ini dengan baik. Berpuasa yang berkelas dan berkualitas, bukan melaksanakannya sekedar kopi paste (kopas). Artinya sekedar menjalankan puasa ala kadarnya saja, hanya menahan lapar dan dahaga, mengikuti puasa di tahun sebelumnya atau orang-orang yang tidak memahami secara ilmu dan syariat Islam tanpa ada peningkatan mutu sama sekali. Ibarat dalam istilah komputer, meng kopas sesuatu tulisan tanpa mengeditnya untuk lebih baik lagi.

Untuk merangsang dan memotivasi diri kita menunaikan puasa dengan benar dan berkualitas, ini lihat keutamaan-keutamaan puasa sebagai berikut :

1. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diturunkan. Sesuai dengan QS. Al-Baqarah 185 yang artinya : “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

2. Amalan shaleh dilipat gandakan, dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim “Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.

3. Bulan penuh berkah, dalam hadits “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).

4. Bulan pengampun dosa, dalam hadits Shahihdiriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari).

“Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

5. Pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup

6. Bulan yang mendidik untuk mencapai ketaqwaan

7.Terdapat satu malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan yakni lailatul qadar.

Untuk menjadikan puasa kita berkualitas maka :

1. Berniatlah karena Allah, dan meyakini bahwa puasa ibadah yang berbeda dari ibadah lainnya, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Berpuasa dengan landasan iman dan mengharap pahala dari Allah SWT

3. Berpuasa secara keseluruhan, puasa bukan hanya menahan lapar dan haus tetapi juga tidak berbuat maksiat, berkata bohong yang termasuk juga didalamnya dalam penggunaan media sosial, dengan membuat status-status yang dapat membakar amarah orang lain, pemikiran negatif, porno atau opini-opini yang menjurus kepada pertengkaran atau kerusuhan.

4. Memperbanyak ibadah dan amal shaleh.

Mudah-mudahan bermanfaat.

(Oleh : Muhammad Yusuf Aunur Sabri, SH/Penyusun Bahan Siaran Kankemenag Kabupaten Pasaman, Sekretaris FKUB Kabupaten Pasaman Dan Sekretaris III Himpunan Dai Muballigh Kabupaten Pasaman)

Categorised in:

No comment for JANGAN KOPAS TAPI PUASA BERKUALITAS DAN BERKELAS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *