Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » FKUB PASAMAN DIALOG DENGAN BUPATI TERKAIT TENTANG KERUKUNAN

FKUB PASAMAN DIALOG DENGAN BUPATI TERKAIT TENTANG KERUKUNAN

(981 Views) April 5, 2017 11:35 pm | Published by | No comment
IMG-20170405-WA0056
PASAMAN-Kerukunan antar umat beragama harus tetap terjaga di Ranah Pasaman yang beragam etnik, agama serta budaya, ini menjadi visi dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pasaman.
Untuk semakin meningkatnya mutu kerukunan itu, pengurus FKUB yang dikomandoi H. A. Effendi Sanusi melakukan dialog dengan Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis Rabu (5/4) di ruang kerjanya.
Ia memaparkan beberapa program yang telah dilakukan oleh FKUB selama tahun 2016 lalu dan rencana program pada tahun ini.
Dijelaskanya, FKUB memaparkan sejumlah program bertujuan untuk mempererat kesatuan persatuan dan kerukunan antar umat beragama di Pasaman, diantaranya pelaksanaan pemantauan pada saat hari besar keagamaan semisal idul fitri dan natal.
Di tahun ini, Effendi mengakui berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pengurus FKUB sepakat akan mengangkat beberapa kegiatan semisal dialog lintas pemuda agama, tokoh agama dan organisasi masyarakat agama yang intinya turutserta mewujudkan masyarakat yang sejahtera agamis dan berbudaya sebagai visi pemerintah daerah Pasaman Saiyo.
Pensiunan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman lagi menuturkan adanya rencana kerja FKUB melakukan studi banding berupa wisata rohani ke Desa Sitinjo Sidikalang Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara pada bulan dan tahun ini.
Ini dinilainya untuk meningkatkan SDM pengurus, dimana FKUB akan mempelajari dan melihat langsung terciptanya KUB di wilayah yang berwarna perbedaan itu sehingga pada akhirnya dapat diterapkan pula di ranah ini yang didomisili umat beragama Islam, Khatolik dan protestan, sembari memperkenalkan 19 pengurus yang turut dalam dialog tersebut.
“Program-program FKUB pada dasarnya mendukung visi misi Bupati Pasaman ini,” tutur bang haji panggilan akrabnya.
Dalam pertemuan itu, Yusuf Lubis menyampaikan rasa terima kasihnya kepada FKUB  berperan serta membantu program pemda khususnya di bidang kerukunan umat beragama, siap memfasilitasi dan menganggarkan biaya untuk mendukung kelangsungan program kerja FKUB Pasaman.
Beliau juga meminta agar FKUB terus berada di front terdepan dalam menjaga keutuhan bingkai kerukunan antar umat beragama apalagi dengan situasional saat ini rawan terjadi perpecahan dan pergesekan.
Terpisah, Kepala Kemenag Pasaman H Abdel Haq mengatakan FKUB juga andil dalam mewujudkan masyarakat Pasaman taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir dan bathin yang merupakan visi dari instansi vertikal ini.
Lagi disebutnya Kemenag sendiri sangat mendukung pelaksanaan program-program FKUB itu dengan adanya anggaran operasional pada setiap tahunnya. (abie78/Rz)

 

Categorised in:

No comment for FKUB PASAMAN DIALOG DENGAN BUPATI TERKAIT TENTANG KERUKUNAN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *