Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » ZULBAHAR,SH. DINOBATKAN SEBAGAI KONDO KAMPUNG PADANG PARAMANDAREH

ZULBAHAR,SH. DINOBATKAN SEBAGAI KONDO KAMPUNG PADANG PARAMANDAREH

(333 Views) Maret 30, 2017 2:45 pm | Published by | No comment
IMG-20170330-WA0021
PASAMAN- Dalam Adat Minangkabau di Sumatera Barat setiap suku dipimpin beberapa datuak atau tokoh adat di daerahnya, tokoh adat tersebut menjalankan fungsinya masing masing.
” Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Adat Ndak  Lapuk Dek Ujan, Ndak Lakang Dek Paneh”  yang berarti adat tidak akan hilang sampai kapan pun juga dan pemangku adat akan turun temurun dari mamak turun ke ponakannya.
Demikian salah seorang niniak mamak (Kondo) Kampung Padang Paramandareh, Usman Edwar yang tidak mampu lagi membawa amanat cucu kemanakannya.
Kemudian  ia menunjuk salah seorang kamanakannya Zulbahar, SH yang saat ini pejabat di Pemda Pasaman selaku Kepala Bidang Lalulintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman dan juga membidangi uji KIR kendaraan.
 Atas keputusan mufakat semua cucu kamanakan pada Selasa (28/3) dilakukanlah  acara penobatan gelar dan penyerahan jabatan Kondo kepada Zulbahar,SH yang tandai dengan pemasangan Kopiah Kebesaran Datuak (kondo) oleh Kondo lama Usman Edwar.
Penobatan itu disaksikan  ratusan undangan yang hadir tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, bundokanduang dan unsur pemuda kejorongan kampung padang paramandareh kanagarian Aia Manggih kecamatan Lubuksikaping, bertempat di rumah gadang suku jambak soko kondo.
Zulbahri, SH selaku pemangku adat Kondo yang baru dalam sambutannya menyampaikan kepada cucu kaponakannya untuk kedepan mari bersatu membangun kampung halaman. ” Kita harus bersatun membangun kampung yang kita cintai ini dengan bahu membahu,” ujarnya.
Kemudian ia berharap kepada Datuak Bandaro Alam, Tumalin Syarak dan niniak mamak lainnya, mari krapatkan barisan ” Mari kita bersama sama membimbing cucu keponakan kita untuk kembali kesurau dengan melakukan berbagai kegiatan keagamaan di masjid/surau seperti pengajian dimalam hari, sholat berjamaah dan mendukung keberadaan Taman Pembacaan Al-Quran (TPA) yang ada dikampung kita ini,” tuturnya.
Tambahanya, yang tidak kalah pentingnya mariperangi Narkoba dan Pekat (penyakit masyarakat) di kampung. “Imi sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pasaman yakni terwujudnya masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya,” pungkas mengakhiri.   (di/Icuk Rz).

 

Categorised in:

No comment for ZULBAHAR,SH. DINOBATKAN SEBAGAI KONDO KAMPUNG PADANG PARAMANDAREH

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *