Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » ‪Managemen PT MAI dan Warga Sei Korang Buat Kesepakatan Bersama

‪Managemen PT MAI dan Warga Sei Korang Buat Kesepakatan Bersama

(913 Views) April 8, 2016 5:27 pm | Published by | No comment

PALAS-Menindak lanjuti surat pernyataan Area Manager (AM) Barsori Plus PT. Mazuma Agro Indonesia (PT. MAI), Mujiono Putra, SP, yang ditanda tanganinya di hadapan Kepala Desa Sei Korang dan Ketua Koperasi Front Komunitas Indonesia Mandiri (Kop. FKIM), serta Humasy PT. MAI, pada tanggal 30 maret 2016 lalu, terkait realisasi pembayaran plasma tahap pertama, milik 28 warga masyarakat Sei Korang yang dikelola oleh perusahaan swasta itu.
IMG_20160408_174626
Coorporate Secretary PT. MAI dari Kantor Medan, Mulkan Oloan, SH didampingi AM PT. MAI Mujiono Putra, SP, Humasy Basaruddin Hasibuan, S. Sos bersama dengan Pengurus Kop. FKIM selaku wadah plasma masyarakat plasma, yakni Darwin Hasibuan, Ketua dan Kawa Kelvin Hasibuan, Sekretaris, bersama Kepala Desa Sei Korang Ahmad Dahlan Hasibuan, serta sejumlah perwakilan masyarakat, membuat perjanjian kesepakatan bersama di hadapan notaris Irwanuddin Hasibuan, SH, Sp N, pada Jumat (8/4).

Dalam akte perjanjian kesepakatan bersama nomor 15, terdiri sebanyak 14 pasal, yang dikeluarkan dua rangkap sebagai salinan dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak itu, diatur tentang penyerahan dan penerimaan hak pengelolaan plasma, pembagian hasil, prosedur dan tata cara pembagian dan penyerahan hasil, penentuan harga jual dan pembelian TBS, tentang pengalihan hak atas plasma, jangka waktu kerjasama dan perencanaan pembiayaan replanting.

Ketua Koperasi, Darwin Hasibuan menyebutkan, dibuatnya akta notaris perjanjian kesepakatan bersama ini, untuk merubah dan memperbaiki kembali perjanjian kesepakatan bersama antara PT. MAI selaku bapak angkat plasma masyarakat anggota plasma tahap pertama yang dibuat pada tahun 2005 silam.

“Dimana luas lahan plasma masyarakat yang selama ini dikelola oleh PT. MAI Sei Korang selaku bapak angkat seluas 56 hektare, jumlah peserta sebanyak 28, terdiri 25 kepala keluarga warga masyarakat ditambah 3 fasilitas umum, yakni Masjid Baburrahma, Masjid Taqwa dan MDA Sei Korang,” paparnya.

“Kemudian, besaran jumlah pembayaran plasma kepada warga, yaitu sesuai banyaknya hasil produksi TBS sawit dari lahan plasma, setelah dikurangi 20% biaya operasional perusahaan dan 10% biaya perencanaan replanting lahan plasma,” ujarnya.

Seterusnya, lanjutnya, perjanjian ini menambahkan point dengan melibatkan dua orang personil koperasi sebagai pengawas lahan plasma, yang bertugas mengawasi kegiatan produksi lahan, pengolahan hasil produksi hingga penjualan TBS sawit. “Hal ini dibuat untuk lebih menjamin terciptanya sistem tranparansi dan akuntabilitas di lahan plasma,” tambahnya.

Dalam perjanjian itu juga dinukilkan, soal biaya PPN dan PPh dari hasil produksi lahan plasma masyarakat tahap pertama itu, menjadi tanggungan pihak PT. MAI, sedangkan pelunasan SPPT PBB atas lahan plasma, menjadi tanggung jawab masyarakat, tentunya dengan bukti surat tunggakan PBB tahun berjalan, pungkasnya.

Categorised in:

No comment for ‪Managemen PT MAI dan Warga Sei Korang Buat Kesepakatan Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *