Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » ‪Kadistan Palas Targetkan Tanam Pajale Seluas 6.650 Ha

‪Kadistan Palas Targetkan Tanam Pajale Seluas 6.650 Ha

(350 Views) April 29, 2016 6:51 pm | Published by | No comment

PALAS-Mendorong pencapaian program pemerintah pusat mewujudkan ketahanan pangan lewat bidang pertanian tanaman pangan, upaya khusus padi, jagung dan kedele (Upsus Pajale), Pemkab Palas melalui Dinas Pertanian (Distan) Palas menargetkan luas tanam pajale pada tahun 2016 seluas 6.650 Ha, yang pelaksanaan kegiatannya tersebar di 12 wilayah kecamatan di daerah ini.

IMG_20160429_185253

Sasaran luas tanam pajale tersebut, terdiri dari, pertanaman padi sawah seluas 400 Ha dengan kebutuhan benih padi varietas mekongga sebanyak 100.000 Kilogram (Kg). Pertanaman kedele seluas 3.750 Ha, kebutuhan benih kedele varietas anjasmoro sebanyak 187.500 Kg dan pertanaman jagung seluas 2.500 Ha, kebutuhan benih jagungnya sebanyak, 375.000 Kg.

“Ada tiga jenis varietas benih unggul jagung yang akan diaplikasikan, yaitu, jenis varietas Biosid, Supra1 dan vatietas MK. Selain target luas pertanaman7 pajale, kita programkan juga kegiatan pertanaman ubi kayu seluas 100 hektare, dengan sisten intensifikasi bantuan bahan organik,” sebut Kepala Distan Palas Ir. H. Abdullah Nasution, melalui Kabid Produksi Hamzah Hadibuan didampingi Kasi-nya, Insan M. Harahap, Jumat (29/4).

Katanya, untuk pertanaman padi musim tanamnya akan dilaksanakan pada bulan juli hibgga september. Pertanaman kedele mulai dilaksanakan pada bulan agustus sampai desember, pertanaman jagung, semestinya dilaksanakan pada bulan februari, tapi karenya benihnya belum datang, diundur hingga bulan meihingga juli.

“Sedangkan ubi kayu dijadwalkan musim tanamnya akan dilaksabakan pada bulan juli hingga agustus nanti,” ucapnya

“Untuk pengadaan benih Pajale, itu kegiatan pengadaanya dari Distan Provsu, kita di sini sifatnya menerima bantuan barang jadi saja, atau benih Pajale yang siap untuk diaplikasikan ke lahan sasaran pertanaman. Sampai saat ini, benih-benih itu belum datang, makanya jadwal pertanamannya diundurkan,” jelasnya

Sedangkan untuk data-data calon petani dan calon lokasi (CPCL), sebagai calon poktan peserta program pertanaman Pajale dan ubi jayu, sudah dikirimkan ke pihak Distan Provsu. “Persiapan lahan tanam sudah mulai dikerjakan oleh para poktan, jadi kita tinggal menunggu realisasi kedatangan benih dari provinsi,” jelasnya.

Categorised in:

No comment for ‪Kadistan Palas Targetkan Tanam Pajale Seluas 6.650 Ha

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *