Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » ‪ Tim Evaluasi Provsu Kunjungi Calon Kecamatan Sosa Timur

‪ Tim Evaluasi Provsu Kunjungi Calon Kecamatan Sosa Timur

(473 Views) Oktober 18, 2016 10:27 am | Published by | No comment

PALAS-Tim evaluasi dan verifikasi dari Biro Sekretariat Daerah Provinsi Sumut (Setdaprovsu) berkesempatan mengunjungi Desa Pirtrans Sosa 1A, yang diusulkan sebagai calon ibukota Kecamatan Sosa Timur di Kabupaten Padang Lawas (Palas), bertempat di Balai Desa Pirtrans Sosa 1 A, Senin (17/10).

img_20161018_113256
Turut hadir bersama tim evaluasi, tim penilai akademisi dari IAIN Padangsidempuan, Asisten 1 Pemkab Palas, sejumlah pimpinan SKPD Pemkab Palas, Camat Sosa, Camat Hutaraja Tinggi (Huragi), Camat Batang Lubu Sutam (Batam), para kepala desa, BPD dan tokoh masyarakat dari 13 desa serta OKP.

Wabup Palas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, proses pengusulan pemekaran 5 wilayah kecamatan di daerah Kabupaten Palas yang salah satunya pemekaran Kecamatan Sosa Timur dengan didukung masyarakat dari 13 desa ini, sudah diusulkan sejak beberapa tahun lalu dan sudah diagendakan oleh Kemendagri.

“Saya optimis proses pemekaran Kecamatan Sosa Timur ini tidak ada kendala. Bupati Palas sendiri sangat antusias mengundang investor untuk menggerakkan usahanya di daerah ini, yang dinilai cukup memiliki potensi investasi yang besar, khususnya di bidang pertanian,” ungkapnya.

“Pemekaran Kecamatan Sosa Timur ini didukung 13 desa, 5 desa dari Kecamatan Huragi, yaitu Tanjung Ale, Sigala-gala, Pirtrans Sosa 1A, Pirtrans Sosa 1B dan Simangambat. Kemudian 8 desa dari Kecamatan Batam, yaitu, Gunung Manaon, Muara Tige, Papaso, Rombayan, Sibodak Papaso, Pagaran Beringin, Gunung Inten dan Desa Sialambue dengan jumlah warga sebanyak 4000-an kepala keluarga,” terangnya

Dikatakannya, Sosa Timur ini merupakan daerah terujung Provinsi Sumut yang berjarak 18 kilometer dari Rokan Hulu dan sejauh 240 kilometer dari Pekanbaru Provinsi Riau. Sedangkan ke Kota Medan Ibukota Provinsi Sumu berjarak 570 kilometer.

“Saat ini sudah ada fasilitas pendukung pemekaran kecamatannya, seperti aula, puskesmas, bahkan pertapatan kantor camat seluas setengah hektare sudah dihibahkan masyarakatnya, dan posisinya cukup strategis terletak di pinggir jalinsum,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Evaluasi Setdaprovsu, Aswin Lubis dalam paparannya menyampaikan, selain data administrasi terkait usulan pemekaran kecamatan ini, pihaknya sudah melihat secara langsung kondisi geografis dan sarana prasarana pendukung percepatan pemekaran kecamatan ini.

“Tapak perkantoran camatnya sudah ada dan sudah kami lihat langsung ke lapangan. Soal keuangan dan hal lainnya, agar segera dilengkapi untuk percepatan prosesnya. Dari kunjungan ini, kami menilai sudah layak dimekarkan menjadi kecamatan yang baru,” sebutnya.

“Dasar hukum pemekaran jecamatan ini, berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Kita tinggal menunggu peraturan pemerintahnya disahkan, sehingga proses pemekarannya dapat segera terealisasi. Surat dari Mendagri sudah ada soal pemekaran kecamatan ini, potensinya juga sudah tersedia, kita tinggal menunggu saja,” tegasnya.

Sedangkan Camat Huragi Abdul Rauf Hasibuan dan Camat Batam Ilmanuddin Daulay menegaskan, sebagai kecamatan induk, pihaknya mendukung sepenuhnya pemekaran Kecamatan Sosa Timur ini. “Iya, warga masyarakatnya sudah siap, fasilitasnya sudah ada dan potensi alamnya tersedia. Kami mendukung sepenuhnya pemekaran Kecamatan Sosa Timur ini,” pungkasnya. (Maulana Syafii)

Categorised in:

No comment for ‪ Tim Evaluasi Provsu Kunjungi Calon Kecamatan Sosa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *