Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA » ‪ Sebulan Terakhir, Perekaman e-KTP di Sosa Naik Tajam

‪ Sebulan Terakhir, Perekaman e-KTP di Sosa Naik Tajam

(422 Views) Juli 19, 2016 5:02 pm | Published by | No comment

PALAS-Sebulan terakhir, saat masa liburan puasa dan pasca lebaran, aktifitas perekaman e-KTP pada Kantor Kecamatan Sosa Kabupaten Palas mengalami kenaikan tajam hingga di atas 100% dari hari biasanya. Perekaman e-KTP di kantor pemerintahan ini didominasi pelajar dan mahasiswa.
IMG_20160719_171930
“Memang, selama liburan puasa kemarin dan setelah lebaran, jumlah masyarakat di Kecamatan Sosa yang melakukan perekaman e-KTP mengalami kenaikan sampai di atas 100% dari hari-hari biasanya. Kebanyakan yang melakukan perekaman itu, dari pelajar dan mahasiswa,” sebut Afsah Hermawan dan Fahruzi Daulay, dua petugas Perekaman e-KTP di Kantor Camat Sosa, Selasa (19/7).

Biasanya, lanjutnya, hanya sebanyak 1 sampai 2 orang masyarakat perharinya yang melakukan rekaman e-KTP di kantor kecamatan ini. “Bahkan, terkadang seharian itu, tidak ada masyarakat yang rekaman e-KTP. Tapi, selama liburan puasa dan setelah lebaran ini, setiap harinya ada 5 sampai 8 orang masyarakat yang rekaman e-KTP di sini,” jelasnya.

“Kebanyakan pelajar dan mahasiswa yang rekaman e-KTP itu, yang baru tamat SMA dan berusia 17 tahun ke atas. Kebutuhannya urus KTP untuk mencari pekerjaan dan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi,” terangnya.

Sampai kini, lanjutnya, perekaman e-KTP di sini masih melayani kegiatan perekaman e-KTP masyarakat dari Kecamatan Huragi dan Sosa. “Soalnya, alat perekaman data e-KTP di Kantor Kecamatan Huragi masih belum ada. Selain itu, kendala operasional yang sering kami alami di sini saat perekaman e-KTP adalah masalah jaringan dan PLN yang sering padam,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam sehari, bisa terjadi berkali-kali PLN padam, tentunya sangat mengganggu kegiatan operasional perekaman data e-KTP yang sudah menggunakan sistem online ini.

“Kalau PLN-nya padam, kita antisipasi perekaman data e-KTP pakai genset. Tapi, bila pemadaman PLN hingga lebih dua jam lamanya, percuma kita pergunakan genset, karena jaringan telkomselnya pasti udah hilang,” ungkapnya.

Saidil Amri, satu warga Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa, usai perekaman e-KTP di Kantor Camat Sosa mengatakan, ia melakukan perekaman e-KTP untuk keperluan mencar pekerjaan. “Perlu urus KTP untuk mencari pekerjaan, bang. Lagian, KTP juga perlu untuk identitas,” jawabnya singkat.

Categorised in:

No comment for ‪ Sebulan Terakhir, Perekaman e-KTP di Sosa Naik Tajam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *